Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bilang Pakai iPhone 15 Pro Tanpa Casing Bisa Bikin Warna Berubah

Kompas.com - 29/09/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Mac

KOMPAS.com - iPhone 15 series mulai dijual di sejumlah negara. Di saat yang bersamaan, Apple menambah informasi terbaru, terkait penggunaan lini iPhone teranyarnya itu.

Salah satunya adalah soal cara membersihkan iPhone 15 series, yang tercantum di laman dukungan Apple. Di laman tersebut, Apple mengatakan bahwa penggunaan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max tanpa pelindung casing, akan membuat warna cangkang belakang berubah sesaat.

"Untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, noda minyak dari kulit Anda bisa saja mengubah warna pita luar untuk sesaat," tulis Apple dalam laman resminya.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max Retak Saat Dibengkokkan dengan Tangan Kosong

Soal warna yang berubah gara-gara noda sidik jari, juga dialami salah satu pengguna iPhone 15 Pro. Keluhan itu ia sampaikan di platform X (dulu Twitter). Unggahan tersebut menyertakan gambar bodi iPhone 15 seri Pro warna Blue Titanium dan Natural Titanium.

“(Noda) sidik jari terlihat begitu buruk. (Warna) Blue Titanium dan Natural Titanium,” tulis akun dengan handles @andrewjclare.

Gambar tersebut menunjukkan bodi samping iPhone 15 versi Pro tampak kotor. Saat dilihat lebih teliti dari dekat, ada banyak noda sidik jari yang menempel. Warna seolah tampak luntur dan lebih gelap di bagian tombol pengeras suara dan Action Button.

Baca juga: Tanda-tanda iPhone 15 Rilis di Indonesia Sebentar Lagi

Nah, untuk menghilangkan minyak dari sidik jari yang menempel di bodi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, Apple menyarankan untuk membersihkan secara hati-hati.

"Sekalah iPhone Anda dengan kain lembut, sedikit lembap, dan tidak berbulu, maka (warna) akan kembali ke tampilan aslinya," imbau Apple.

Cara membersihkan perangkat yang diterapkan Apple juga berlaku untuk iPhone generasi sebelumnya.

Apple juga mengimbau untuk menghindari cairan yang mengandung larutan pembersih, sebagaimana dikutip KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (29/9/2023).

Guna menghindarkan perangkat dari goresan atau noda sidik jari, penguna dapat menggunakan casing pelindung. Namun, jika Anda termasuk pengguna yang tidak suka memakai casing, pastikan untuk membersihkan ponsel secara berkala.

Untuk diketahui, bodi depan dan belakang iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, terbuat dari bahan kaca. Sementara kerangkanya, terbuat dari bahan titanium, yang diklaim lebih kuat, sekaligus lebih ringan di saat yang bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com