Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro Dicas Pakai Powerbank, Bukan Daya Ponsel yang Terisi, Malah Sebaliknya

Kompas.com - 09/10/2023, 18:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber wccftech

KOMPAS.com - iPhone 15 series menjadi iPhone pertama yang memakai port USB-C, setelah bertahun-tahun Apple mempertahankan port lightning. Namun, debut USB-C di iPhone 15 series justru menimbulkan masalah baru.

Salah seorang pengguna iPhone 15 Pro membagikan pengalamannya di forum online Reddit. Ia menceritakan, dirinya mengisi ulang iPhone 15 Pro menggunakan powerbank bermerek Anker.

Namun setelah kedua perangkat itu terhubung lewat USB-C, bukannya baterai iPhone 15 Pro yang terisi, melainkan sebaliknya. Jadi, iPhone 15 Pro lah yang mengisi daya powerbank itu.

Adapun iPhone 15 Pro memang didukung fitur reverse charging. Fitur ini memungkinkan iPhone 15 Pro berfungsi sebagai powerbank untuk mengisi daya perangkat lainnya. Umumnya perangkat dengan baterai lebih kecil. Misalnya, untuk mengisi daya Apple Watch, AirPods atau iPhone model lainnya.

Baca juga: Viral Video Powerbank Terbakar di Pesawat, Ini Aturan Bawa ke Kabin

Namun untuk kasus powerbank seperti di atas, seharusnya iPhone 15 Pro lah yang dayanya diisi ulang, bukan sebaliknya. Sebab, powerbank memiliki kapasitas daya yang lebih besar untuk dibagikan ke perangkat lain.

Bukan hanya itu, ada pula laporan yang menyebutkan bahwa iPhone 15 Pro mengisi daya iPad Pro. Padahal biasanya iPad memiliki baterai yang lebih besar dibanding iPhone.

Sejauh ini, belum diketahui musabab masalah itu terjadi. Apple juga belum buka suara terkait insiden tersebut.

Namun ada kemungkinan masalah itu bisa diatasi lewat pembaruan software yang mungkin dirilis Apple di waktu mendatang, dihimpun KompasTekno dari Wccftech, Senin (9/10/2023).

Sementara itu, Anker menganjurkan pengguna untuk mengisi daya iPhone dari powerbank melalui port USB-A, bukan USB-C.

iPhone 15 alami overheat

Selain masalah terkait USB-C, sejumlah pengguna juga melaporkan masalah iPhone 15 yang panas berlebihan alias overheat.

Beberapa di antara pengguna mendapati masalah overheat di iPhone 15 Pro ketika ponsel dipakai untuk bermain game atau hanya bertelepon, dan saat baterai diisi ulang.

Awalnya, material titanium pada iPhone 15 Pro diduga menjadi penyebab. Namun, menurut Apple, overheat di iPhone 15 Pro disebabkan oleh adanya bug, bukan masalah material titanium.

Ilustrasi bodi dan bingkai iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang mengadopsi material titanium Grade 5.Apple Ilustrasi bodi dan bingkai iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang mengadopsi material titanium Grade 5.

Selain bug di iOS 17, Apple juga mengatakan bahwa peningkatan aktivitas di latar belakang (background activity) menjadi salah satu penyebab iPhone 15 Pro panas.

Menurut Apple, iPhone 15 milik pengguna akan terasa lebih panas dari biasanya, ketika pengguna melakukan sejumlah pengaturan atau melakukan restore (memulihkan data).

Selain itu, Apple juga mengatakan ada beberapa aplikasi yang membuat perangkat lebih cepat panas, seperti Instagram, Uber, game Asphalt 9, dll.

Baca juga: Para Pemakai iPhone 15 Pro Max Ngeluh Overheat, Sarankan Pakai Casing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com