Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bali, Valve Pastikan Game CS2 Bakal Berbahasa Indonesia

Kompas.com - 13/10/2023, 11:25 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Pengembang game kenamaan asal Amerika Serikat, Valve, memastikan bahwa game shooter klasik terbarunya, Counter-Strike 2 (CS2) akan tersedia dalam bahasa Indonesia.

Hal ini disampaikan Business Development Valve, Erik Peterson dalam sesi pidato (keynote) Steam Update 2023 di ajang Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2023 di The Stones Hotel, Bali, Jumat (13/10/2023).

Selain CS2, game populer Valve lainnya, yaitu Dota 2 juga akan hadir dalam bahasa Indonesia. Menurut Erik, kehadiran bahasa Indonesia merupakan komitmen Steam untuk mendukung pemain dan industri game di Tanah Air.

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa bahasa Indonesia akan hadir di dua game populer kami di Steam," kata Erik di atas panggung IGDX Conference 2023.

"Sebab, kami ingin lebih dekat dengan pengguna kami, mengingat kedua game ini memiliki banyak basis pemain yang berasal dari Indonesia," imbuh Erik.

Baca juga: Algorocks Pamer Dadoo di IGDX 2023, Game Mirip Ular Tangga dengan Kekuatan Super

Business Development Valve, Erik Peterson menyebut game CS2 bakal mendukung Bahasa Indonesia, dalam acara IGDX Conference 2023 di The Stones Hotel, Bali, Jumat (13/10/2023) .
KOMPAS.com/Bill Clinten Business Development Valve, Erik Peterson menyebut game CS2 bakal mendukung Bahasa Indonesia, dalam acara IGDX Conference 2023 di The Stones Hotel, Bali, Jumat (13/10/2023) .
Erik tak mengumbar secara detail kapan CS2 dan Dota 2 akan hadir dalam bahasa Indonesia. Namun, ia mengatakan bahwa dukungan bahasa ini akan hadir dalam waktu dekat.

Terkait bahasa Indonesia, platform distribusi game Steam sendiri kini sudah hadir dalam bahasa Indonesia sejak September lalu.

Baca juga: Setelah 20 Tahun, Steam Akhirnya Mendukung Bahasa Indonesia

Erik menyebut bahwa bahasa Indonesia di Steam kini terus dikembangkan dan jumlah kata yang diterjemahkan ke bahasa tersebut kini diklaim mencapai 500.000 kata, dan akan terus bertambah.

Lalu, tampilan Steam khusus para pengembang (developer) game, yaitu Steamworks, juga diklaim Erik juga sudah diterjemahkan secara penuh ke bahasa Indonesia.

"Ke depannya, kami akan menghadirkan bahasa Indonesia di seluruh elemen fitur dan layanan Steam, termasuk layanan informasi seluruh game dan fitur kami di Steam Documentation," tutup Erik.

Business Development Valve, Erik Peterson memaparkan fitur-fitur di Steam yang kini diterjemahkan ke bahasa Indonesia, dalam acara IGDX Conference 2023 di The Stones Hotel, Bali, Jumat (13/10/2023). KOMPAS.com/Bill Clinten Business Development Valve, Erik Peterson memaparkan fitur-fitur di Steam yang kini diterjemahkan ke bahasa Indonesia, dalam acara IGDX Conference 2023 di The Stones Hotel, Bali, Jumat (13/10/2023).

Baca juga: Counter-Strike 2 Dirilis, Apa Bedanya dengan CS:GO?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com