Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Developer Asal Jogja Bikin Game Simulasi K-Pop, Pemain Bisa Jadi Manager Girlband

Kompas.com - 11/10/2023, 19:16 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Studio game asal Jogjakarta, Jawa Tengah, Wisageni Studio memamerkan game andalan pertama mereka di ajang Showcase Indonesia Game Devleoper Exchange (IGDX) 2023 di The Stones Hotel, Bali pada Rabu (11/10/2023).

Game tersebut berjudul KISS: Kpop Idol StorieS - Road to Debut (Kiss) yang akan diluncurkan secara resmi pada 2024 mendatang. 

Marketing Communications Wisageni Studio, Tiffany Valentina, mengatakan bahwa game ini adalah game simulasi kehidupan sehari-hari (life simulator) lokal pertama yang mengusung tema idola musik pop asal Korea Selatan (K-pop). 

Ilustrasi game KISS: Kpop Idol StorieS buatan Wisageni Studio di IGDX 2023 di The Stones Hotel, Bali, Rabu (11/10/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi game KISS: Kpop Idol StorieS buatan Wisageni Studio di IGDX 2023 di The Stones Hotel, Bali, Rabu (11/10/2023).

"Bahkan kalau dilihat, game dengan fokus gameplay ke K-pop seperti ini jarang ada yang buat di Indonesia. Sebab, mayoritas game saat ini fokus ke idola-idola asal Jepang, bukan Korea Selatan," kata Tiffany kepada KompasTekno

Menariknya, Tiffany menyebut bahwa game simulasi ini berbeda dengan game dengan genre mengelola idola lainnya. Sebab, game ini tidak melibatkan elemen romantis ala game kebanyakan dengan genre serupa, terutama game dengan genre dating simulator.

Baca juga: Algorocks Pamer Dadoo di IGDX 2023, Game Mirip Ular Tangga dengan Kekuatan Super

"Di game ini tidak ada dialog romantis karena misi pemain adalah membuat talenta-talenta yang mereka didik tidak bosan, memiliki postur tubuh dan suara bagus, serta sukses di bidang hiburan K-pop," imbuh Tiffany.

Ilustrasi memainkan game KISS: Kpop Idol StorieS di IGDX 2023 di The Stones Hotel, Bali, Rabu (11/10/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi memainkan game KISS: Kpop Idol StorieS di IGDX 2023 di The Stones Hotel, Bali, Rabu (11/10/2023).

Nah, dalam game KISS: Kpop Idol StorieS - Road to Debut, pemain akan memiliki misi untuk menjadi seorang manajer sebuah grup musik K-pop wanita (girlband). Grup tersebut diisi oleh lima orang wanita muda yang masing-masing memiliki kepribadian berbeda.

Tugas pemain adalah mengecek suasana hati alias mood dari anggota-anggota girlband tersebut, mengelola biaya dan pengeluarannya, sekaligus meningkatkan kemampuan mereka masng-masing supaya sukses dan memiliki nilai di pasar hiburan.

KompasTekno sempat menjajal game ini sebentar dan game ini memang mirip game-game live simulator kebanyakan, namun dibumbui dengan alur-alur cerita yang disampaikan via elemen visual novel. 

Baca juga: Daftar Game dan Pengembang yang Masuk Nominasi Indonesia Games Awards 2023

Adapun kualitas grafis game ini cukup baik dan memanjakan mata, lantaran memiliki efek visual mulus terlepas dari gambarnya yang hanya berjenis dua dimensi (2D). 

Untuk ketersediaan, seperti disebutkan di atas, KISS: Kpop Idol StorieS - Road to Debut akan meluncur 2024 mendatang di platform PC dan Nintendo Switch. 

Tiffany tak menyebutkan tanggal pasti peluncuran game ini, namun game tersebut sudah bisa ditambahkan ke daftar game yang ingin dimiliki (wishlist) di platform distribusi game PC Steam di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com