Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

Kompas.com - 13/10/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Google terus mendorong pengguna memakai passkey sebagai sistem keamanan untuk login akun Google. Pada 10 Oktober kemarin, Google telah menghadirkan passkey sebagai opsi default di seluruh akun Google pengguna.

“Awal tahun ini kami meluncurkan dukungan untuk passkey, cara yang lebih sederhana dan aman untuk masuk ke akun Anda secara online,” kata Google lewat pengumuman di blog resminya, pada Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Google Mulai Minta Pengguna Buat Passkey untuk Login Tanpa Password

“Kami menerima masukan yang sangat positif dari pengguna kami, jadi hari ini kami membuat passkey lebih mudah diakses dengan menawarkannya sebagai opsi default di seluruh Akun Google pribadi,” imbuh Google.

Kehadiran passkey sebagai opsi bawaan ini mengakibatkan, saat pengguna hendak login ke akun Google, pengguna bakal menjumpai opsi untuk membuat dan menggunakan passkey buat login akun Google. Adapun tampilan dari opsi passkey ini adalah sebagai berikut.

Google mendorong pengguna memakai passkey atau kunci sandi karena sistem ini dinilai lebih memudahkan pengguna. Selain itu, passkey juga dianggap mempercepat proses login akun Google dan lebih aman.

Dengan adanya dorongan dari Google ini, lantas sebenarnya apa itu passkey? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu passkey sebagai sistem keamanan login akun Google.

Apa itu passkey?

Passkey adalah sistem keamanan baru untuk login akun Google sebagai alternatif dari sistem keamanan password atau kata sandi. Untuk login ke akun, passkey tidak membutuhkan pengguna untuk memasukkan kombinasi password.

Passkey adalah sistem keamanan yang memungkinkan pengguna untuk login akun Google menggunakan sistem keamanan yang tersedia di perangkat, misalnya pemindai sidik jari, pemindai wajah, PIN, atau pola.

Passkey dapat dipahami sebagai sistem keamanan yang memungkinkan pengguna untuk login akun Google tanpa password. Dengan passkey, pengguna tak perlu repot memasukkan kombinasi password buat login akun Google.

Melalui sistem keamanan baru ini, pengguna cukup melakukan pemindaian wajah atau sidik jari di perangkat untuk login akun Google. Penggunaan passkey dalam proses login itu dinilai 40 persen lebih cepat ketimbang menggunakan password.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Hari Berlalu dengan Pasangan di Google yang Viral di TikTok

Sebagai informasi, passkey sejatinya tidak hanya hadir di Google. Sistem keamanan ini juga sudah dipakai di beberapa platform lain seperti Apple dan Microsoft. Di ekosistem Apple, passkey sudah dapat dipakai untuk login pada beberapa website atau aplikasi.

Misalnya, saat hendak login di website Apple.com atau iCloud.com melalui iPhone, pengguna kini tak perlu lagi memasukkan username dan password, tetapi bisa langsung masuk dengan melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID.

Sistem keamanan passkey yang dipakai Apple, Google, dan Microsoft itu sama-sama dikembangkan oleh FIDO (Fast IDentity Online) Alliance, perusahaan pengembang sistem keamanan untuk login layanan atau sistem autentikasi.

Pengembangan passkey ditujukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap password. Sistem keamanan password dinilai lebih tidak praktis karena mengharuskan pengguna untuk menghafal kombinasinya yang bisa terdiri dari banyak angka, simbol, atau huruf.

Kemudian, sistem keamanan password juga dinilai lebih rentan dari pencurian data kredensial dan serangan phising. Kelemahan-kelemahan password inilah yang melandasi pengembangan passkey. Lantas, kelebihan passkey dibanding password?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com