Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DxOMark: Kamera Selfie iPhone 15 Pro Max Paling Unggul Saat Ini

Kompas.com - 14/10/2023, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Kamera depan iPhone 15 Pro Max dinobatkan sebagai kamera selfie terbaik di dunia oleh DxOMark, setidaknya hingga saat ini. DxOMark adalah situs web terkenal yang biasa menguji kamera smartphone.

Berdasarkan pengujian selfie DxOMark, kamera selfie iPhone 15 Pro Max meraih total skor 149 poin. Poin ini didapatkan dari hasil penilaian terhadap 145 foto selfie dan 156 video dari kamera depan iPhone 15 Pro Max.

Dengan skor tersebut, ponsel model tertinggi di antara iPhone 15 series itu mengungguli kemampuan kamera selfie pendahulunya, yakni iPhone 14 Pro Max (skor 145 poin) dan iPhone 14 Pro (145 poin).

Kamera depan iPhone 15 Pro Max dinobatkan sebagai kamera selfie terbaik di dunia oleh DxOMark, setidaknya untuk saat ini (13/10/2023).DxOMark Kamera depan iPhone 15 Pro Max dinobatkan sebagai kamera selfie terbaik di dunia oleh DxOMark, setidaknya untuk saat ini (13/10/2023).
iPhone 15 Pro Max sedianya menggunakan hardware kamera depan yang serupa seperti iPhone 14 sebelumnya. iPhone 15 Pro Max dibekali kamera selfie 12MP (f/1.9) dengan fitur Autofocus dan mendukung perekaman hingga resolusi 4K 60 fps.

Baca juga: Pre-order iPhone 15 di Indonesia Dibuka 20 Oktober, Ini Link dan Daftar Harganya

Meski hardware sama, DxOMark mencatat, kamera selfie iPhone 15 Pro Max mampu menunjukkan kemajuan penting baik dalam foto maupun video, berkat peningkatan pada perangkat lunak.

"Kamera ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dibandingkan pendahulunya dan khususnya unggul dalam hal eksposur, warna, dan bokeh, sehingga memberikan hasil terbaik hingga saat ini dalam kategori selfie," tulis ulasan DxOMark.

Salah satu yang menjadi perhatian DxOMark adalah soal format HDR di kamera selfie iPhone 15 Pro Max. Menurut DxOMark, format HDR mampu membantu pengguna menghasilkan warna yang sangat natural dan menyenangkan, bahkan dalam kondisi cahaya yang menantang seperti Backlight.

Dengan format HDR, warna kulit terlihat sangat natural dalam foto, terutama ketika hasil foto dilihat langsung dari layar HDR. Selain itu, DxOMark menilai, kamera depan iPhone menangkap warna-warna bagus pada elemen latar belakang, seperti langit atau tumbuh-tumbuhan.

5 keunggulan kamera selfie iPhone 15 Pro Max

Hasil kamera selfie iPhone 15 Pro Max, kamera selfie terbaik versi DxOMark untuk saat ini, Jumat (13/10/2023).
DxOMark Hasil kamera selfie iPhone 15 Pro Max, kamera selfie terbaik versi DxOMark untuk saat ini, Jumat (13/10/2023).
DxOMark merinci lima keunggulan kamera depan iPhone 15 Pro Max untuk mengambil selfie. Pertama, kamera selfie ponsel ini memiliki eksposur akurat dan rentang dinamis lebar untuk foto dan video.

Baca juga: Harga iPhone 15 Series di iBox dan Digimap Lengkap

Kedua, kamera depan iPhone 15 Pro Max memiliki fitur Autofocus alias okus otomatis yang andal dan cepat dengan depth of field yang luas. Artinya, ponsel bisa menangkap obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh dengan tajam dan fokus.

Keunggulan ketiga dari kamera selfie iPhone 15 Pro Max, menurut DxOMark, adalah detail tingkat tinggi dalam cahaya terang untuk foto dan video, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs DxOMark, Sabtu (14/10/2023).

Keempat, stabilisasi efektif saat perangkat dipegang diam dan saat bergerak saat merekam.
Kelima, menurut DxOMark, kamera selfie iPhone 15 Pro Max juga mampu mengisolasi subyek dari background dengan sangat akurat dalam mode bokeh. Jadi, obyek sepenuhnya tajam, sedangkan background menjadi blur.

DxOMark mencatat ada beberapa kekurangan dari kamera depan ponsel ini, Misalnya soal noise gambar yang masih terlihat jelas di semua kondisi cahaya. Selain itu, kekurangan lainnya adalah soal perbedaan ketajaman sesekali antar frame saat merekam video sambil berjalan.

Secara keseluruhan, DxOMark menyimpulkan, Apple iPhone 15 Pro Max merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna smartphone yang mengutamakan pembuatan konten gambar dan video berkualitas tinggi menggunakan kamera depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com