Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spek iPhone 16 Pro, Kamera Ultrawide Jadi 48 MP dan Layar Lebih Besar

Kompas.com - Diperbarui 17/10/2023, 07:39 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - iPhone 15 series baru saja diperkenalkan secara global pada September lalu. Kini, bocoran iPhone 16 series sudah muncul di dunia maya.

Salah satu bocoran yang beredar, berasal dari analis pasar kenamaan, Jeff Pu. Ia mengeklaim mendapatkan bocoran tersebut dari sumber dalam industri yang terlibat dalam rantai pasokan Apple.

Menurut Pu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan datang dengan sejumlah peningkatan. Salah satunya di bagian kamera.

Kamera utama iPhone 16 Pro konon akan datang datang dengan lensa baru, yakni tetra-prism yang sebelumnya eksklusif di iPhone 15 Pro Max.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max bakal kompak memiliki kamera ultrawide 48 MP. iPhone 15 Pro saat ini "hanya" dibekali kamera ultrawide 12 MP. Apabila rumor ini benar, artinya Apple membawa peningkatan yang signifikan pada kamera ultrawide-nya di varian Pro.

Sebab, Apple belum merombak komponen kameranya sejak di iPhone 13 Pro. Kamera ultrawide di iPhone 13 Pro hingga iPhone 15 Pro memiliki resolusi yang sama, yakni 12 MP.

Kamera di iPhone 16 Pro juga disebut akan dibekali dengan fitur zoom optik dengan perbesaran 5x.

Baca juga: Pre-order iPhone 15 di Indonesia Dibuka 20 Oktober, Ini Link dan Daftar Harganya

iPhone 16 Pro disebut akan hadir dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar, yakni 6,3 inci. Sementara itu, iPhone 16 Pro Max disebut akan memiliki layar 6,9 inci.

Ukuran ini lebih besar dari iPhone 15 Pro yang memiliki layar 6,1 inci dan iPhone 15 Pro Max yang dibekali layar 6,7 inci.

Jeff Pu juga menyebut, iPhone 16 Pro dan Pro Max akan memiliki koneksi 5G yang lebih kencang.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (16/10/2023), iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max konon akan dibekali modem Qualcomm Snapdragon X75 untuk meningkatkan performa jaringan 5G.

Kecepatan unduh (download) iPhone 16 Pro disebut akan mengalami peningkatan dibandingkan Snapdragon X70 yang ada di iPhone 15 series.

Bocoran spesifikasi lainnya juga menyebut adanya peningkatan konektivitas. Jeff Pu mengatakan iPhone 16 Pro akan dibekali Wi-Fi 7, naik dari Wi-Fi 6e yang ada di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Kecepatan Wi-Fi terbaru ini bisa mencapai 46 Gbps.

Pakai nama "Ultra"

Selain spesifikasi, wartawan teknologi Bloomberg, Mark Gurman, mempredksi bahwa Apple akan memperkenalkan iPhone varian "ultra" tahun depan.

"Rencana Apple memperbesar jarak antara (model) Pro dan Pro Max telah memicu spekulasi bahwa Apple akan menggunakan merek terbaru: Ultra. Alih-alih mengganti nama Pro Max menjadi 'Ultra', Apple bisa saja menambah model baru di atas varian 'Pro'," tulis Gurman.

Baca juga: Perbandingan Harga iPhone 15 Pro dan iPhone 14 Pro di Indonesia, Lebih Mahal Rp 1 Juta

Pernyataan Gurman mengindikasikan bahwa iPhone 16 series kemungkinan datang dengan lima model. Kelimanya terdiri dari iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, dan iPhone 16 Ultra.

Gurman juga menyebut bahwa pihak internal Apple telah berdiskusi mengenai masalah ini. Kabarnya, iPhone varian Ultra kemungkinan besar dirilis pada 2024.

“Secara internal, perusahaan telah membahas (akan) melakukan hal itu (merilis varian Ultra), waktu perilisannya berpotensi dilakukan pada iPhone 2024 (mendatang),” tambah Gurman.

Perlu dicatat bahwa informasi di atas masih bersifat kabar burung, belum dapat dipastikan kebenarannya. Apple pun belum memberikan “woro-woro” apapun soal kebaruan ataupun jadwal peluncuran iPhone 16 series-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com