Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SXSW 2023 Digelar Pertama Kali di Sydney, Ada 700 Pembicara dan 1.000 "Experience"

Kompas.com - 17/10/2023, 20:18 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SYDNEY, KOMPAS.com - Ajang festival teknologi, film, dan musik tahunan, South by Southwest (SXSW) pertama kali digelar di Sydney, Australia pada minggu ini.

Sebelumnya, SXSW rutin digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Terakhir yaitu pada 10-19 Maret lalu. Kini, di Sydney, SXSW berlangsung selama satu minggu, yakni pada 15-22 Oktober 2023.

Jurnalis KompasTekno, Galuh Putri Riyanto pun berkesempatan untuk meliputi langsung SXSW Sydney 2023 atas undangan Hewlett-Packard alias HP Indonesia.

HP yang dikategorikan sebagai "major sponsor" (sponsor utama) akan meluncurkan dua laptop baru yang mendukung gaya kerja hybrid. Rencananya, dua laptop baru HP ini akan dirilis Rabu (18/10/2023) dan akan dipajang di arena pemeran (expo) SXSW Sydney 2023.

Baca juga: 6 Startup Jadi Pemenang di SXSW

Untuk expo tahun ini sendiri, South by Southwest alias SXSW Sydney 2023 menampilkan lebih dari 1.000 pengalaman masa depan, lebih dari 700 pembicara, dari 300 pertunjukan, dan 170 demo game, serta lebih dari 200 acara screening film, termasuk lima pemutaran perdana gala eksklusif.

KompasTekno tiba di Sydney pada Selasa, 17 Oktober 2023 pagi dan langsung menuju akomodasi di Novotel Sydney Darling Square.

Setelah itu, kami langsung mengambil lencana media (badges) International Convention & Exhibition Centre (ICC Sydney) di Darling Harbour, dengan berjalan kaki sekitar lima menit saja.

Hal ini dikarenakan akomodasi hotel kami yang strategis, dekat dengan lokasi konferensi, festival musik, pemutaran film SXSW 2023, yaitu di area Haymarket, Darling Harbour, Ultimo, Chippendale, dan sekitarnya.

Baca juga: Festival Teknologi dan Musik Tahunan SXSW Batal Digelar karena Corona

Bersama jurnalis lain asal Indonesia, kami melihat suasana jalan, tembok, hingga layar LED besar di sekitar area Sydney yang sudah dihiasi oleh banyak spanduk dan iklan LED perihal SXSW Sydney 2023 ini. 

Badges Platinum yang didapat oleh Jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto untuk mengakses seluruh rangkaian acara SXSW Sydney 2023. Mulai dari konferensi dan pameran Teknologi & Inovasi hingga Festival Musik, Layar, dan Permainan.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Badges Platinum yang didapat oleh Jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto untuk mengakses seluruh rangkaian acara SXSW Sydney 2023. Mulai dari konferensi dan pameran Teknologi & Inovasi hingga Festival Musik, Layar, dan Permainan.
Badges yang diberikan untuk kami adalah badges Platinum. Dengan begitu, kami bisa mengeksplor seluruh rangkaian acara SXSW 2023, mulai dari konferensi, pameran teknologi & inovasi, hingga festival musik, layar, dan game.

Beberapa judul konferensi yang menarik dan disarankan diantisipasi oleh eksekutif SXSW Sydney 2023 meliputi:

  • The Future of Journalism, Publishing and Trust in the age of AI
  • 2050: From nanotech to interplanetary expeditions to what will a VC look like in 2050
  • AI & Robotics: Generative AI trends, responsible AI, and cybersecurity.
  • Startups: Navigate the entrepreneurial landscape, expert practical insights on
  • Money and Markets: Evolving commerce and global trends.
  • Transport and Mobility: Flying cars and the future of transportation.

Selain badges Platinum, peserta juga bisa membeli badges:

Festival Musik: untuk melihat 300 pertunjukan di 25 tempat selama 4 hari empat malam. Beberapa musisi asal Indonesia juga tampil di SXSW Sydney 2023 seperti Isyana Saravasti, Adhitia Sofyan, G.A.C, hingga Hindia.

Musisi terkenal lain yang tampil seperti girl group asal Korea X;, duo hip-hop AS, Flyana Boss; dan EKKSTACY dari Kanada.

Festival Layar: untuk menonton pemutaran tanpa batas selama satu minggu, termasuk penayangan film Concrete Utopia asal Korea Selatan, Lab Rat, film dokumenter ONEFOUR: Against All Odds, hingga film thriller Saltburn.

Festival Game: untuk melihat 150 game dan pesta indie baru selama enam malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com