Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kartu Grafis Nvidia GeForce RTX 4090 Dilaporkan Jadi Makin Mahal

Kompas.com - 18/10/2023, 12:32 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecuali ada kejadian luar biasa seperti kelangkaan GPU akibat demam mining cryptocurrency beberapa waktu lalu, harga kartu grafis komputer biasanya cenderung turun seiring waktu.

Namun, hal sebaliknya disinyalir terjadi pada kartu-kartu grafis dengan GPU teratas dari Nvidia, GeForce RTX 4090, yang kini justru makin mahal.

Harga kartu-kartu grafis tersebut dilaporkan mengalami kenaikan setidaknya sebesar 50 dollar AS (Rp 800.000) dibanding harga saat peluncuran di situs-situs e-commerce luar negeri seperti Amazon dan Newegg.

Situs CamelCamelCamel yang melacak riwayat harga barang di Amazon malah menunjukkan bahwa harga kartu-kartu grafis GeForce RTX 4090 termurah naik hampir 100 dollar AS (Rp 1,6 juta).

Baca juga: Nvidia Resmikan GPU RTX 4080 dan RTX 4090, Ini Harganya

Kartu-kartu grafis itu temasuk model "papan bawah" sejumlah pabrikan AIB (add-in board, rekanan manufaktur Nvidia) seperti XLR8 dari PNY, TUF dari Asus, AMP! Extreme dari Zotac, dan Gaming OC dari Gigabyte.

Tren harga kartu grafis GeForce RTX 4090 di e-commerce Amazon menurut pantauan situs CamelCamelCamelCamelCamelCamel Tren harga kartu grafis GeForce RTX 4090 di e-commerce Amazon menurut pantauan situs CamelCamelCamel

Nyaris tak ada GeForce RTX 4090 yang dijual sesuai harga saat peluncuran sebesar 1599 dollar AS (Rp 25,2 juta). Satu pengecualiannya adalah GeForce RTX 4090 Founders Edition buatan Nvidia sendiri yang dijual eksklusif di Best Buy dan masih bertahan di angka tersebut.

Namun, mungkin karena tren harganya yang flat, RTX 4090 Founders Edition lebih sering berstatus "out of stock".

Seperti dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Rabu (18/10/2023), harga kartu Grafis GeForce RTX 4090 di Eropa juga telah mengalami kenaikan sebesar 30 euro (Rp 500.000) semenjak Mei tahun ini.

Baca juga: GPU Nvidia GeForce RTX 4090 dan RTX 4080 Dilaporkan jadi Barang Langka di Jepang

Penyebab kenaikan harga RTX 4090 masih belum jelas. Di Jepang, GeForce RTX 4090 dikabarkan menjadi barang langka karena banyak diburu, sementara stok barangnya hanya sedikit.

Selain itu, Nvidia juga dikabarkan mengalihkan produksi chip GPU konsumen seperti RTX 4090 agar bisa membuat lebih banyak chip GPU AI yang angka permintaannya sedang melonjak.

Jika benar mengalami kelangkaan, boleh jadi harga RTX 4090 akan terus naik, atau paling tidak bertahan di angka tinggi. Namun, tak menutup kemungkinan pula bahwa tipisnya stok hanya berlangsung sementara sehingga harga bisa kembali turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com