Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Resmi Punya Fitur Multi-Akun, Bisa Pakai 2 Nomor WA di Satu Aplikasi

Kompas.com - 20/10/2023, 09:00 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ingin menggunakan dua akun WhatsApp secara bersamaan di satu perangkat? Hal tersebut kini bisa dilakukan langsung dari aplikasi WhatsApp tanpa butuh trik tambahan.

Sebab, WhatsApp pekan ini resmi menggulirkan fitur multiple accounts yang memungkinkan pengguna mengaktifkan dua akun -misalnya satu untuk pribadi dan lainnya untuk keperluan kantor- di satu ponsel. Dengan kata lain, dua akun bisa dipakai di satu aplikasi.

"Sekarang Anda tidak lagi perlu log out setiap kali, membawa dua ponsel, atau khawatir mengirimkan pesan dari akun yang salah," tulis WhatsApp dalam sebuah posting blog berisi pengumuman mengenai fitur terkait.

Baca juga: WhatsApp Android Tambah Fitur Passkey

Menurut WhatsApp, untuk menggunakan fitur ini pengguna tetap membutuhkan nomor telepon dan kartu SIM kedua.

Sebelumnya tidak ada opsi untuk menggunakan dua akun di satu aplikasi karena akun WhatsApp hanya bisa diverifikasi dengan satu nomor telepon saja. Pengguna ponsel dual SIM mesti memilih salah satu nomor untuk WhatsApp.

Pengguna bisa mengaktifkan dua akun secara bersamaan, tapi mesti menggunakan "trik" seperti dual apps di Android. Ini pun hanya mengaktifkan dua aplikasi dengan dua nomor secara terpisah, bukan dua akun/ nomor di satu aplikasi

Aplikasi pesan instan lain pesaing WhastApp seperti telegram sudah lebih dulu memiliki fitur multiple accounts, bahkan sejak bertahun-tahun lalu.

Tak dijelaskan berapa jumlah maksimal akun yang bisa digunakan secara bersamaan di aplikasi WhatsApp. Namun, karena tiap akun mesti memiliki nomor teleponnya sendiri, kemungkinan jumlahnya terbatas dua buah.

Fitur Multi Account ini sebenarnya sudah terungkap sejak Juni lalu. Saat itu, fitur ini ditemukan di WhatsApp Beta untuk bisnis.

Cara mengaktifkan akun kedua di aplikasi WhatsApp

Dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Jumat (20/10/2023), berikut ini cara mengaktifkan akun kedua di aplikasi WhatsApp lewat multiple accounts.

Pertama-tama, pastikan dulu bahwa ponsel Anda menggunakan kartu SIM kedua (dual SIM), bisa berupa dua kartu SIM fisik, eSIM, atau kombinasi keduanya. Jika sudah ada dua nomor yang aktif, ikuti langkah berikut.

  • Buka WhatsApp
  • Buka menu Settings
  • Klik tanda panah di samping nama Anda
  • Klik pilihan "Add account" dan ikuti instruksi di layar untuk membuat akun kedua

Anda bisa mengubah setting privasi dan notifikasi di masing-masing akun. Jika tidak ada tanda panah di samping nama Anda, mungkin aplikasi WhatsApp butuh update. Cobalah kunjungi toko aplikasi Google Play Store atau App Store untuk mengunduhnya.

Baca juga: Apakah Orang yang Diblokir di WhatsApp Bakal Tahu? Begini Penjelasannya

Jika masih belum ada, kemungkinan fitur multiple accounts belum dibagikan secara merata ke semua perangkat, termasuk ponsel Anda. Silakan tunggu hingga digulirkan oleh WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com