Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Android Tambah Fitur Passkey

Kompas.com - 17/10/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google meminta pengguna untuk segera membuat passkey (kata kunci), ketika ingin login ke akun Google.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, sejumlah perusahaan turut menerapkan sistem keamanan yang sama, salah satunya WhatsApp.

Platform perpesanan instan besutan Meta itu kini resmi menghadirkan fitur passkey ke seluruh pengguna Android.

Fitur tersebut punya cara kerja yang sama dengan sistem keamanan smartphone, saat ingin membuka layar. Passkey menyediakan opsi keamanan seperti, pemindai sidik jari, wajah, dan kode PIN.

Baca juga: Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

“Pengguna Android akan dipermudah dan dilindungi oleh passkeys ketika ingin login ke akun Whatsapp, hanya gunakan wajah, sidik jari, dan kode PIN untuk membuka kunci akun WhatsApp Anda,” tulis WhatsApp di akun resmi X Twitter-nya dengan handle @WhatsApp, Senin (16/10/2023).

Cukup buka akun WhatsApp menggunakan opsi keamanan yang dipilih. Misal, Anda mendaftarkan sidik jari sebagai sistem keamanan, proses login akun WhatsApp hanya memerlukan sidik jari Anda sebagai bukti verifikasi.

Bedanya dengan 2FA

Sebelum fitur passkey, platform perpesanan instan ini sudah menerapkan verifikasi dua langkah (2-step verification) menggunakan kode PIN dan pemindai sidik jari.

Verifikasi dua langkah ini juga akan muncul untuk melakukan verifikasi ulang berdasarkan jangka waktu yang sudah ditentukan. Dalam kasus passkey, fitur ini bisa dimanfaatkan ketika login akun WhatsApp lewat perangkat baru.

Merujuk pada mekanisme lama, ketika ingin login ke perangkat baru, WhatsApp akan mengirim kode otentikasi dua faktor lewat SMS atau ke akun WhatsApp di perangkat lama. Kini, dengan passkey, pengguna tidak perlu memasukan kode untuk bisa login.

Baca juga: Cara Aktifkan Two Step Verification WhatsApp biar Gak Mudah Kena Hack

Cukup dengan memindai sidik jari atau menggunakan sistem keamanan yang sudah didaftarkan sebelumnya saja. Jadi, fitur passkey bukan ditujukan untuk mengganti keamanan 2-step verification, melainkan digabung agar keamanan yang ditawarkan semakin bertambah.

Kendati demikian, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Selasa (17/10/2023), fitur passkeys belum tersedia dalam versi stabil dan masih digelontorkan untuk pengguna beta (uji coba) Android versi 2.23.21.12.

Pantauan KompasTekno saat berita ini ditayangkan, WhatsApp Android versi 2.23.21.22 atau 2.23.20.76 belum kebagian fitur ini.

Cara membuat passkey WhatsApp

Ilustrasi penggunaan fitur passkeys di WhatsAppPhone Arena Ilustrasi penggunaan fitur passkeys di WhatsApp

Namun, dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan, fitur passkeys nantinya akan muncul di menu Settings (Pengaturan) bagian Account (Akun). Passkey akan tersedia di bawah menu “Security Notifications”.

Ketika opsi “Passkeys” di klik, akan muncul deskripsi tulisan yang menjelaskan bahwa fitur ini menjadi langkah yang mudah untuk login dengan aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com