Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chat WhatsApp Akan Bisa Dicari Pakai Kode Rahasia

Kompas.com - 11/10/2023, 11:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) dilaporkan sedang meningkatkan kemampuan fitur kunci pesan atau Chat Lock. Fitur Chat Lock sendiri resmi dirilis perusahaan pada Mei lalu.

Menurut laporan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, pengguna nantinya akan bisa mencari percakapan (chat) yang dikunci, menggunakan kode rahasia.

Kebaruan ini terendus dari pembaruan (update) WhatsApp beta Android versi 2.23.21.9. Fitur untuk mencari chat menggunakan kode rahasia ini masih dalam tahap pengembangan dan belum digelontorkan secara resmi.

WABetaInfo melaporkan, pengguna nantinya akan bisa membuat kode rahasia tertentu untuk memudahkan proses pencarian chat yang telah dikunci menggunakan fitur Chat Lock. Kode rahasia bisa berupa kata dan emoji.

“Gunakan kata ataupun emoji, tetapi buat (kode) itu mudah diingat,” tulis WhatsApp dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan oleh WABetaInfo.

WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru. FItur tersebut memungkinkan pengguna membuat kode rahasia baru untuk mempermudah pencarian chat yang dikunci (Lock Chat)WABetaInfo WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru. FItur tersebut memungkinkan pengguna membuat kode rahasia baru untuk mempermudah pencarian chat yang dikunci (Lock Chat)
WABetaInfo juga menjelaskan, kode rahasia tersebut dapat diketik langsung di kolom pencarian (search bar). Dengan mengetikkan kode rahasia yang sudah dibuat, sistem bakal menampilkan daftar obrolan yang terkunci.

Baca juga: Cara Menghilangkan Tampilan Saluran di WhatsApp yang Mengganggu

Namun, cara kerja dari fitur ini sangat minim karena masih dalam tahap pengembangan. Tidak diketahui apakah setelah mengetik kode rahasia, chat yang dikunci bisa langsung diakses atau masih harus memasukkan kata sandi/ pemindai sidik jari yang terdaftar,

Tidak diketahui juga sejauh mana akses yang bisa dilakukan pengguna, setelah mengetik kode rahasia di search bar.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sam Mobile, Rabu (11/10/2023), setidaknya ada dua kemungkinan dari fitur kode rahasia.

Pertama, pengguna hanya perlu mengetik kode rahasia di kolom pencarian, lalu obrolan yang dikunci fitur Chat Lock, dapat diakses langsung tanpa perlu memasukkan kata sandi atau memindai sidik jari. Artinya, kode rahasia punya peran yang sama penting dengan kata sandi/data biometrik yang didaftarkan.

Kedua, pencarian menggunakan kode rahasia hanya berlaku untuk mencari chat yang dikunci saja. Ketika ingin mengakses, mengirim, dan membaca pesan di ruang obrolan, pengguna tetap harus memasukkan kata sandi atau memindai sidik jari.

Sebagai informasi, fungsi Chat Lock bertujuan mengamankan chat pribadi ataupun grup supaya tidak dibaca oleh sembarang orang. Jika fitur ini diaktifkan, pengguna harus mendaftarkan kata sandi atau memindai sidik jari sebagai sistem keamanan.

Baca juga: Cara Cek HP Android dan iPhone Anda Masih Bisa Pakai WhatsApp atau Tidak

Sementara itu, untuk mengakses menu chat yang terkunci, pengguna harus menggeser (swipe) menu "Chats" ke bawah, sampai menu "Locked Chat" muncul. Menu Locked Chat akan berada tepat di bawah Archived (chat yang diarsipkan).

WABetaInfo melaporkan fitur Chat Lock ini bakal dihadirkan ke perangkat pendamping (Companion Mode). Mode Companion adalah fitur yang memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di dua ponsel atau lebih sekaligus.

Sebelumnya, saat pengguna mengunci chat di ponsel atau tablet, obrolan yang terkunci hanya tersimpan di perangkat utama, bukan perangkat pendamping.

Dengan fitur kode rahasia yang baru, perusahaan diyakini menawarkan kemampuan sinkronisasi antara perangkat utama dan perangkat pendamping. Kebaruan ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna yang kerap memanfaatkan fitur Chat Lock.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com