Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Orang yang Diblokir di WhatsApp Bakal Tahu? Begini Penjelasannya

Kompas.com - Diperbarui 16/10/2023, 06:42 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp atau biasa disingkat WA, punya fitur blokir kontak atau blokir nomor. Seperti yang cukup umum diketahui, fitur blokir WA itu memungkinkan pengguna membatasi interaksi orang lain yang dirasa mengganggu.

Saat orang lain itu diblokir, dia tidak akan bisa lagi menghubungi pengguna di WA. Meski cukup berguna untuk membatasi interaksi orang lain yang dirasa mengganggu, pengguna mungkin bakal bimbang untuk memblokir seseorang di WA.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir Tanpa Chat dengan Mudah

Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa jadi ingin memblokir seseorang di WA, tetapi khawatir bila tindakan itu diketahui oleh orang yang bersangkutan dan akhirnya berpotensi membuatnya tersinggung.

Pada kondisi seperti itu, lantas sebenarnya apakah orang yang diblokir di WA akan tahu? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai apakah orang yang diblokir di WA akan tahu.

Seseorang yang diblokir di WA

Perlu diketahui, nomor atau kontak WA yang telah diblokir sejatinya hanya bisa diketahui secara pasti oleh pengguna yang memblokir. WhatsApp pada dasaranya tidak akan mengirim notifikasi atau pemberitahuan ke orang yang diblokir pengguna.

Untuk menjaga privasi, WhatsApp tidak akan memberitahu seseorang bahwa dirinya telah diblokir oleh pengguna. Meski tak ada pemberitahuan secara khusus, masih terdapat beberapa ciri yang dapat dipakai untuk mengetahui nomor WA telah diblokir.

Lantas, apa ciri-ciri nomor WA diblokir? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ciri-ciri WA diblokir yang dapat dipakai buat mengetahui apakah nomor kita telah diblokir atau tidak.

Ciri-ciri WA diblokir

Terdapat ciri-ciri WhatsApp diblokir oleh orang lain. Salah satunya kita bisa melihat tanda pada chat yang terkirim, yakni cuma centang satu. Beberapa ciri WhatsApp diblokir secara umum adalah sebagai berikut:

  • Chat cuma centang satu
  • Foto profil kosong
  • Tidak bisa melakukan panggilan telepon
  • Tidak bisa melihat status “Last Seen” dan “Online”
  • Tidak bisa mengundang ke grup WA
  • Tidak bisa melihat status WA

Itulah ciri-ciri WhatsApp diblokir secara umum. Adapun penjelasan masing-masing tanda WA diblokir oleh orang lain adalah sebagai berikut.

Baca juga: Menu Status WhatsApp Berubah Jadi “Pembaruan” dan Mirip Story IG, Kenapa?

1. Chat cuma centang satu

Ciri-ciri nomor WA kita diblokir yang pertama adalah chat cuma centang satu. Jadi ketika mengirim chat pada kontak yang terindikasi memblokir kita, chat tersebut bakal hanya bertanda centang satu alias tidak masuk atau tidak terkirim.

2. Foto profil kosong

Ciri-ciri WA diblokir seseorang yang kedua adalah foto profil pada kontak yang terindikasi memblokir kita jadi tidak ada alias kosong. Kontak tersebut mungkin sebelumnya memasang foto profil, tetapi setelah diblokir olehnya, kita tiba-tiba jadi tidak bisa melihat foto profil itu.

3. Tidak bisa melakukan panggilan telepon

Ketiga, tanda WA diblokir adalah tidak bisa melakukan panggilan telepon. Jika menghubungi kontak WA yang terindikasi memblokir kita, panggilan telepon tersebut tidak akan masuk ke mereka. Panggilan cuma berstatus “Calling”, bukan “Ringing”.

4. Tidak bisa melihat status “Last Seen” dan “Online”

Saat kita diblokir seseorang di WA, tanda berikutnya adalah kita tidak dapat melihat status “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat” dan status “Online” dari kontak terkait.

Jika kontak tersebut sebelumnya mengaktifkan dua status itu, ketika kita diblokir, kita jadi tiba-tiba tidak bisa melihat lagi status “Last Seen” dan “Online” darinya.

5. Tidak bisa mengundang ke grup WA

Tanda WA diblokir oleh orang lain yang kelima adalah kita tidak bisa mengundangnya ke grup. Bila mengundang orang yang terindikasi memblokir kita ke grup maka bakal muncul peringatan seperti “Couldn’t add…”.

6. Tidak bisa melihat status WA

Terakhir, ciri-ciri WA diblokir adalah kita tidak bisa melihat status WA dari kontak yang terindikasi memblokir kita. Jika sebelumnya bisa melihat status WA dari kontak itu, saat diblokir, kita jadi tiba-tiba tidak bisa melihatnya lagi.

Baca juga: Cara Menghapus Saluran WhatsApp dengan Mudah biar Tak Terganggu

Itulah beberapa ciri-ciri WA diblokir. Jika orang yang diblokir menjumpai semua ciri-ciri di atas saat berinteraksi dengan pengguna, kemungkinan besar orang tersebut bakal tahu bahwa dirinya telah diblokir pengguna di WA.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com