Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Larangan AS, Harga Nvidia GeForce RTX 4090 Meroket di China

Kompas.com - Diperbarui 22/10/2023, 07:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber VideoCardz

KOMPAS.com - Amerika Serikat pekan ini memperketat pembatasan ekspor produk-produk chip komputer berkinerja tinggi ke China lantaran khawatir dipakai mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) untuk keperluan militer.

Nvidia selaku pabrikan chip GPU yang sering dipakai untuk AI pun terdampak secara langsung. Selain GPU datacenter, Nvidia GeForce RTX 4090 yang sebenarnya merupakan GPU kelas konsumen untuk main game pun kena getahnya.

Dalam dokumen yang diajukan ke Securities and Exchange Commission (SEC) AS, Nvidia menyebutkan bahwa GeForce RTX 4090 termasuk dalam kategori produk yang dilarang ekspornya ke China lantaran memenuhi kriteria pelarangan dalam hal kinerja komputasi.

Baca juga: AS Perketat Larangan Penjualan Chip AI Nvidia ke China

Larangan ekspor baru AS akan berlaku efektif mulai 16 November 20223. Imbasnya, jauh sebelum tanggal tersebut, produk kartu grafis berbasis GeForce RTX 4090 dilaporkan mengalami kenaikan harga drastis di China,

Situs Videocards melaporkan bahwa banderol termurah untuk GeForce RTX 4090 di China kini mencapai 26.000 yuan atau sekitar Rp 56,3 juta. Padahal, saat pertama hadir pada Oktober tahun lalu, harganya 12.999 yuan (Rp 28,2 juta).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (20/10/2023), beberapa pengguna komputer di China bahkan menyebutkan bahwa harga kartu grafis dengan GPU tersebut bisa mencapai 4 kali lipat banderol awalnya.

Itu pun kalau tersedia, karena sebagian toko di China ikut dilaporkan tak lagi menjual GeForce RTX 4090. Gamer di Negeri Tirai Bambu diperkirakan bakal beralih ke GeForce RTX 4080, GPU yang diposisikan di bawah RTX 4090 dan tak terimbas larangan AS.

Baca juga: Harga Kartu Grafis Nvidia GeForce RTX 4090 Dilaporkan Jadi Makin Mahal

GeForce RTX 4090 merupakan GPU kartu grafis teratas Nvidia di kelas konsumen yang ditujukan bagi gamer.

GPU ini rupanya sedemikian kencangnya sehingga memenuhi kriteria pembatasan ekspor AS yang melarang penjualan produk dengan bandwith memori melebihi 600 GB per detik dan kinerja komputasi di atas 4.800 TOPS.

China bukan satu-satunya negara yang terdampak karena pembatasan ekspor AS juga berlaku untuk sejumlah negara lain seperti Rusia, Arab Saudi, Kuba, Somalia, hingga Vietnam. Namun, China adalah salah satu pasar gaming terbesar Nvidia.

Ironisnya, kartu-kartu grafis GeForce RTX 4090 sendiri banyak diproduksi di China, sementara chip GPU-nya dibuat di Taiwan oleh TSMC. Karena itu, ada kemungkinan manufaktur produk-produk ini bakal dialihkan ke Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com