Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Kamera Mirrorless Canon EOS M

Kompas.com - Diperbarui 25/10/2023, 06:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Tamat sudah riwayat lini kamera EOS M dari Canon. Model-model kamera dari seri mirrorless APS-C tersebut diam-diam sudah discontinued alias dihentikan produksinya.

Seperti terlihat di situs Canon Jepang, kamera-kamera EOS M mulai dari EOS M generasi pertama, EOS M200, hingga EOS M6 Mark II dan EOS M50 Mark II (di Jepang dikenal sebagai EOS Kiss M2) sudah dimasukkan dalam kategori "discontinued products".

Tidak ada pengumuman resmi dari Canon tentang penghentian lini kamera EOS M. Namun, situs PetaPixel mendapatkan konfirmasi dari Canon Amerika Serikat bahwa produksi lini kamera tersebut memang sudah disetop.

Baca juga: Kamera Vlogging Canon PowerShot V10 Dijual di Indonesia, Ini Harganya

Selain kamera, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (24/10/2023) lensa-lensa dan aksesori untuk seri mirrorless itu juga disebut tidak akan tersedia lagi mulai 2023.

Akhir cerita EOS M sebenarnya sudah bisa ditebak. Lini kamera ini merupakan usaha awal Canon -pabrikan yang dikenal sebagai penguasa ranah DSLR- memasuki pasaran kamera mirrorless. Model perdananya adalah EOS M yang meluncur pada Juli 2012.

Situs Canon Jepang menampilkan semua model dari lini kamera EOS M dalam kategori discontinued products, bersama dengan kamera-kamera lawas dari Canon Canon Situs Canon Jepang menampilkan semua model dari lini kamera EOS M dalam kategori discontinued products, bersama dengan kamera-kamera lawas dari Canon

Awalnya EOS M ditawarkan sebagai alternatif berharga terjangkau untuk fotografer pemula. Belakangan, lini produknya berkembang dan ikut menyasar pengguna tingkat advanced lewat model-model yang lebih canggih seperti EOS M6 dan EOS M50.

Canon ikut membikin lensa mirrorless yang didesain khusus untuk EOS M dengan mounting EF-M, mencakup sejumlah lensa zoom dan prime, tapi jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding pilihan lensa DSLR dari pabrikan tersebut.

Kamera EOS M bisa dipasangi lensa DSLR Canon dengan menggunakan adapter. Pabrikan third party seperti Sigma juga sempat menelurkan lensa prime untuk EOS M.

Baca juga: EOS R100 Resmi Masuk Indonesia, Kamera Mirrorless EOS R Termurah dari Canon

Kelanjutan lini EOS M mulai dipertanyakan setelah Canon merilis seri kamera mirrorless baru bernama EOS R. Pabrikan tersebut jauh lebih serius mengembangkan teknologi kamera mirrorless untuk kamera-kamera EOS R berikut aneka aksesorinya.

Kemudian nasibnya menjadi jelas setelah muncul model-model APS-C terjangkau seperti EOS R50 dan EOS R100 yang bertabrakan langsung dengan EOS M. Penghentian EOS M pun ibaratnya tinggal menunggu waktu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com