Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Gelar E-sports World Cup 2024, Berhadiah Rp 150 Miliar

Kompas.com - 25/10/2023, 10:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi bersiap menggelar kompetisi e-sports internasional bertajuk Esports World Cup pada 2024 mendatang. Hal ini diumumkan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman dalam sebuah acara awal pekan ini. 

Acara e-sports yang diklaim terbesar di dunia ini nantinya akan digelar secara tahunan di kota Riyadh, Arab Saudi mulai tahun depan.

Total hadiah kompetisi Esports World Cup ini diklaim akan menjadi yang terbesar dalam sejarah. Belum diketahui secara rinci berapa hadiahnya, namun, konon akan mencapai 10 juta dollar AS (sekitar Rp 150 miliar).

Salman mengatakan bahwa tujuan digelarnya kompetisi ini adalah untuk mempercepat rencana pembangunan Salman yang dijuluki dengan "Vision 2030".

Dalam Vision 2030, Salman memiliki visi untuk mempercepat sekaligus meningkatkan bisnis industri lainnya di luar tambang minyak, termasuk melalui industri e-sports dan pariwisata, pada 2030 mendatang.

Baca juga: Arab Saudi Gelontorkan Rp 567 Triliun untuk Jadi Pusat Industri Game

Disebut pariwisata karena kompetisi e-sports ini diharapkan akan dapat mengundang banyak turis internasional, termasuk para tim e-sports dan pemain profesional (pro player) dari berbagai belahan dunia. 

"Kompetisi Esports World Cup adalah langkah kami selanjutnya untuk menjadikan Arab Saudi sebagai pusat industri game dan e-sports dunia, dan hal ini akan bisa kami wujudkan dengan memberikan segala yang terbaik yang bisa dinimkati di turnamen ini," jelas Salman, dikutip KompasTekno dari Reuters, Rabu (25/10/2023).

Tidak disebutkan secara rinci kapan kompetisi e-sports internasional ini akan digelar. 

Namun, menurut salah satu penyelenggara yaitu Gamers8 Esports, kompetisi ini dipastikan bakal berlangsung selama 8 minggu atau 2 bulan.

Rencananya, kompetisi ini sendiri akan diadakan sekitar musim panas Arab Saudi (sekitar Juni-September) 2024 mendatang.

Sepanjang kompetisi berlangsung, pengunjung bisa merasakan euforia turnamen melalui sejumlah acara dan festival yang digelar pihak penyelenggara.

Baca juga: 10 Atlet E-sports Indonesia dengan Penghasilan Terbesar, Capai Rp 7 Miliar

Tak disebutkan pula game apa saja yang akan dipertandingkan dalam kompetisi e-sports tahunan ini.

Menurut pihak penyelenggara, game yang akan dikompetisikan nanti adalah judul game yang cukup populer di dunia di berbagai genre dan platform, mungkin mulai dari PC, konsol, hingga mobile.

Kita nantikan saja informasi mengenai Esports World Cup ini dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com