Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A98 Bisa Hapus Lokasi dan Detail Informasi Foto Sebelum Dikirim

Kompas.com - 26/10/2023, 17:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A98 dibekali dengan satu fitur keamanan yang bisa dibilang cukup penting yaitu Privacy Protection.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menghapus beragam informasi penting yang tersemat dalam suatu file foto, sebelum gambar tersebut dikirim atau dibagikan ke media sosial dan platform internet lainnya.

Beberapa informasi yang bisa dihapus mencakup data lokasi, data tentang perangkat yang mengambil gambar tersebut, serta informasi rinci lainnya terkait elemen pengambilan foto seperti bukaan lensa, shutter speed, dan lain sebagainya.

Karena data dan informasi tersebut dihapus, pengguna lainnya otomatis tidak bisa mengetahui informasi di balik foto yang sedang mereka lihat.

Untuk lokasi, misalnya, mereka tidak akan bisa mengetahui di mana foto tersebut diambil, kecuali mereka memang  tahu betul lokasi yang ada di dalam foto.

Baca juga: Hands-on Oppo A98 5G, HP Menengah Jagoan Oppo Saat Ini

Kemudian untuk informasi rincian pengambilan gambar, pengguna tentunya tidak akan bisa menduplikasi foto yang sedang mereka lihat, meski mereka tahu lokasinya.

Sebab, apabila pengguna ingin menduplikasi suatu foto, mereka biasanya harus memperhatikan aperture, shutter speed, ISO, dan lain sebagainya supaya cahaya, tone warna, dan detail foto yang ingin ditiru serupa dengan aslinya.

Cara menghapus lokasi dan detail informasi foto di Oppo A98.Kompas.com/BILL CLINTEN Cara menghapus lokasi dan detail informasi foto di Oppo A98.

Nah, cara menggunakan fitur Privacy Protection di Oppo A98 bisa dibilang cukup mudah, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, pilih foto yang hendak dikirimkan ke pengguna atau media sosial.
  • Lalu, klik tombol "Send" yang ada di pojok kiri bawah foto yang sedang dilihat.
  • Selanjutnya, klik tombol "Options" yang terletak di bagian tengah atas foto.
  • Setelah itu, beri tanda centang pada kolom "Remove location" untuk menghapus lokasi foto dan "Remove other properties" untuk menghapus informasi detail foto lainnya.
  • Jika sudah, klik tombol "Done" dan bagikan foto tersebut ke media sosial atau platform internet lainnya.

Selesai, informasi lokasi dan detail foto yang dikirim akan hilang, dan pengguna yang menerimanya tidak bisa melihat informasi-informasi tersebut.

Baca juga: Harga Oppo A98 5G dan Spesifikasinya di Indonesia

Perlu dicatat bahwa fitur Privacy Protection hanya bisa digunakan apabila sebuah gambar atau foto memiliki detail lokasi dan informasi perangkat yang dipakai untuk mengambil foto atau gambar tersebut.

Apabila tidak ada, maka menu "Remove location" dan "Remove other properties" tadi tidak bisa dicentang, lantaran informasi seperti itu tidak ada di dalam foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com