Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro, Paling Irit "Bintang 5" Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 27/10/2023, 10:17 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PerfectRec

KOMPAS.com - iPhone 15 Pro menjadi model iPhone "Pro" atau premium yang mendapatkan ulasan (review) jelek terbanyak sepanjang sejarah. 

Hal ini disimpulkan situs web rekomendasi produk teknologi, PerfectRec dalam sebuah survei terbarunya yang mengumpulkan ulasan iPhone 15 dari sekitar 690.000 pengguna di internet.

Nah, dalam survei ini, disebutkan bahwa jumlah responden yang memberikan bintang lima (skor sempurna) untuk iPhone 15 Pro berkurang ke angka 73 persen. 

Pada iPhone 14 Pro tahun lalu, jumlah pengguna yang memberikan angka sempurna ke iPhone tersebut berada di kisaran 76 persen.

Ini artinya, PerfectRec mendapati lebih banyak pengguna yang tidak memberikan bintang lima, atau mungkin memiliki ulasan buruk, terkait iPhone 15 Pro apabila disandingkan dengan iPhone 14 Pro. 

Baca juga: Sejumlah Alasan Pengguna yang Menunda Beli iPhone 15

Lebih lanjut, iPhone 15 Pro memiliki review bintang lima paling sedikit dibanding model iPhone Pro lainnya, yaitu iPhone 11 Pro, iPhone 12 Pro, dan iPhone 13 Pro.

Di ketiga model iPhone ini, jumlah pengguna yang memberikan review bagus secara berurutan berkisar di angka 81 persen, 80 persen, dan 84 persen (terbanyak dari seri iPhone Pro lainnya).

Ilustrasi jumlah review bagus iPhone 15 Pro di internet versi PerfectRec.PerfectRec Ilustrasi jumlah review bagus iPhone 15 Pro di internet versi PerfectRec.

Menurut PerfectRec, review bagus iPhone 15 Pro tidak sebanyak model iPhone Pro lainnya karena ponsel terbaru Apple tersebut dilanda dengan banyak masalah. 

Beberapa masalah yang paling lumrah dikeluhkan pengguna adalah terkait panas berlebih (overheat), kendala (bug) di beberapa fitur, masalah layar, performa iOS 17 buruk, baterai boros, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 8 Masalah iPhone 15 yang Banyak Dikeluhkan, Tak Cuma Overheat dan Layar Burn-in

Sejak ditemukannya berbagai masalah ini, Apple kabarnya sudah memperbaiki masalah-masalah tersebut melalui sejumlah pembaruan (update) iOS 17.

Karena banyak masalah, bukan tak mungkin banyak pengguna yang mengulas buruk iPhone 15 Pro dan tidak merekomendasikannya kepada para kerabat atau pengguna lainnya. 

Selain iPhone 15 Pro, PerfectRec juga mencatat jumlah ulasan bintang lima yang didapat iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Kedua model iPhone ini mendapatkan review bagus dari sekitar 78 persen dan 76 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PerfectRec.com, Jumat (27/10/2023).

PerfectRec mengatakan jumlah ulasan bagus iPhone 15 dan iPhone 15 Plus lebih banyak ketimbang iPhone 15 Pro karena model "reguler" dan "Plus" di iPhone 15 kali ini memiliki banyak peningkatan dibanding iPhone 14 tahun lalu.

Baca juga: Terungkap, iPhone 15 Series Kalah Laris Dibanding HP Android Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com