Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro Max Sulit Diperbaiki

Kompas.com - 19/10/2023, 07:17 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber PCMagazine

KOMPAS.com - Setelah resmi meluncur secara global awal September lalu, sejumlah youtuber mengulas lini baru iPhone 15 series. Salah satunya dilakukan kanal YouTube gadget, iFixit. iFixit mencoba membongkar unit iPhone 15 Pro Max untuk mengetahui seberapa sulit iPhone model tertinggi itu bisa diperbaiki atau direparasi.

iFixit adalah komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan berbagai perangkat elektronik dan perangkat lainnya.

Berdasarkan pengujian iFixit, iPhone 15 Pro Max mendapatkan skor 4 dari 10. Semakin kecil skornya, maka perangkat sulit diperbaiki.

Itu artinya, dengan skor 4 dari 10, iPhone 15 Pro Max sulit untuk diperbaiki, khususnya bila diperbaiki secara mandiri maupun lewat pihak ketiga.

Secara umum, desain jeroan iPhone 15 Pro Max mirip dengan pendahulunya, iPhone 14 Pro Max. Namun, Apple melakukan perubahan komponen internal di ponsel barunya demi meningkatkan kinerja.

Baca juga: Apple Update iOS iPhone 15 di Toko Tanpa Buka Kardus

Salah satu perubahannya yaitu plastik perekat di tepi panel layar, yang kini berwarna lebih cerah dibanding pendahulunya.

Awalnya, iFixit membongkar jeroan iPhone 15 Pro Max dengan membuka layar ponsel terlebih dahulu.

Lalu, iFixit mengangkat baterai perangkat dan menemukan bahwa baterai ponsel ini agak sulit dilepas karena banyak perekat yang sulit dijangkau dan terkait dengan komponen lainnya. iFixit bahkan memakai alkohol untuk mengurai perekat yang menempel di baterai ponsel.

Untuk melepas baterai, pengguna atau teknisi juga harus melepas mesin taptic dan speaker bawah ponsel terlebih dahulu.

iFixit membongkar iPhone 15 Pro MaxiFixit iFixit membongkar iPhone 15 Pro Max

Selain itu, penggantian baterai iPhone 15 Pro Max juga perlu dilakukan dengan membuka layar terlebih dahulu. Pasalnya, terdapat komponen lain yang menghalangi akses ke baterai bila dijangkau dengan membuka penampang ponsel.

Dengan demikian, bila pengguna ingin mengganti baterai iPhone 15 Pro Max, risikonya adalah layar ponsel berpotensi rusak.

Selain itu, perbaikan dengan memakai komponen iPhone tertentu ke iPhone 15, juga disebut agak sulit dilakukan. Padahal, praktik ini cukup sering dilakukan untuk memperbaiki iPhone, termasuk oleh iFixit.

Namun untuk iPhone 15, praktik itu sulit dilakukan. iFixit mencontohkan bila pengguna mencoba memperbaiki layar iPhone dengan layar buatan Apple, atau memperbaiki sensor LiDAR kamera belakang maupun baterai perangkat, iPhone 15 akan memberikan peringatan bahwa "komponen ini mungkin tidak asli".

Dalam beberapa skenario, komponen yang dipakai bahkan tidak berfungsi sama sekali. Misalnya, untuk memperbaiki komponen biometrik iPhone 15, kamera belakang atau kamera depan ponsel.

Nah, salah satu komponen yang dirancang dengan material baru adalah penampang ponsel yang kini dilapisi dengan bahan titanium. Bahan ini diklaim lebih kokoh, sekaligus membuat bobot perangkat tetap ringan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com