Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kelebihan E-mail Dibanding Surat Biasa yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 29/10/2023, 16:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu tahu kelebihan e-mail dibanding surat biasa. Perkembangan teknologi membawa perubahan di berbagai lini, termasuk dalam hal surat-menyurat. Dengan kehadiran e-mail, cara mengirim pesan melalui surat pun berubah.

Dulu, surat konvensional atau surat biasa, yang dikirim melalui kantor pos, menjadi media andalan untuk berkirim pesan. Seiring berkembangnya teknologi, munculah e-mail atau surat elektronik sebagai cara baru dalam mengirim pesan.

Baca juga: 5 Cara Melihat Kata Sandi E-mail yang Lupa dengan Mudah dan Cepat

Lewat e-mail, pengguna bisa menulis dan mengirim pesan dengan lebih cepat. E-mail memiliki sejumlah keuntungan atau kelebihan dibanding surat biasa. Kelebihan tersebut perlu diketahui supaya dapat memanfaatkan e-mail dengan optimal.

Lantas, apa kelebihan e-mail dibanding surat biasa? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai keuntungan menggunakan e-mail daripada surat konvensional.

Keuntungan menggunakan e-mail daripada surat konvensional

E-mail memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan surat konvensional. Kelebihan tersebut tak lepas dari peran internet yang menjadi penopang e-mail.

Perlu diketahui, e-mail adalah sistem pengiriman pesan digital yang dilakukan dari satu komputer ke komputer lainnya via jaringan internet. E-mail mempermudah dan mempercepat proses pengiriman pesan untuk berbagai keperluan, baik pribadi maupun bisnis.

Semua pengguna dapat mengirim e-mail dari mana pun selama mereka memiliki perangkat yang mendukung dan koneksi internet. Dari pengertian ini, sejatinya dapat diketahui kelebihan e-mail dibanding surat biasa secara umum.

Namun, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan menggunakan e-mail daripada surat konvensional:

1. Pesan terkirim dengan lebih cepat

E-mail memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan dengan lebih cepat dibanding surat konvensional. Melalui e-mail, cukup satu kali klik, pengguna bisa mengirim pesan ke seluruh penjuru dunia dengan cepat.

2. Lebih fleksibel

E-mail dapat dikirim pengguna kapan saja selama 24 jam. Pengguna bisa mengirim e-mail dengan waktu yang lebih fleksibel dibanding mengirim surat konvensional, yang bergantung dari jam operasi kantor pos.

Baca juga: 2 Cara Melihat Password E-mail di HP Android dan iPhone, Mudah

3. Lebih efisien

E-mail dapat dipakai mengirim pesan dengan lebih efisien. E-mail memungkinkan pengguna untuk mengirim satu pesan ke banyak pengguna lain sekaligus secara cepat, hanya dengan satu klik.

Pengguna jadi tak perlu repot membuat salinan pesan secara manual jika hendak mengirimnya ke banyak orang, seperti yang dilakukan pada surat konvensional.

4. Pesan lebih terorganisir

Pesan di layanan e-mail lebih terorganisir. Layanan e-mail berisi folder-folder yang tersusun rapi berdasarkan kategori pesan. Tiap pesan yang masuk di layanan e-mail bisa difilter sendiri oleh pengguna sesuai kebutuhan.

Pengguna bisa mengelompokkan pesan-pesan dengan kategori yang dibuat sendiri. Alhasil, saat ingin membaca kembali pesan itu di lain waktu, pengguna bisa mencarinya dengan mudah dan cepat.

5. Bisa mengirim berbagai jenis file

Kelebihan e-mail dibanding surat biasa yang berikutnya adalah E-mail tidak hanya bisa dipakai untuk mengirim pesan teks. E-mail memungkinkan pengguna untuk mengirim berbagai jenis file sebagai lampiran, seperti file gambar, audio, video, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com