Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Resident Evil Village" Meluncur di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

Kompas.com - 31/10/2023, 17:22 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Game horor terbaru andalan Capcom dari waralaba Resident Evil, yaitu Reisdent Evil Village resmi meluncur di platform iOS dan iPadOS pada Senin (30/10/2023) kemarin.

Lebih tepatnya, game ini meluncur di model iPhone dan iPad generasi terbaru, yaitu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang sudah ditenagai chip A17 Pro, serta iPad Pro yang sudah menggunakan chip M1 atau yang lebih anyar.

Sebelumnya, Resident Evil Village sudah meluncur lebih dulu di platform PC, PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada Mei 2021 lalu, diikuti dengan versi MacOS dan Nintendo Switch (cloud) pada Oktober 2022 lalu.

Pantauan KompasTekno di laman AppleStore, game ini bisa diunduh (download) dan dimainkan secara gratis untuk beberapa adegan awal di dalam game.

Namun, jika ingin memainkan game tersebut secara penuh, pengguna harus membeli game ini (Base Game) dengan harga 16 dollar AS (sekitar Rp 254.000).

Baca juga: Resident Evil 4 Remake Resmi Dirilis Global, Ini Harganya di Indonesia

Pengguna juga bisa membeli konten game lainnya berupa konten ekstra (DLC) "Winter's Expansion" seharga 10 dollar AS (sekitar Rp 158.000) atau "All Access Voucher" senilai 2 dollar AS (sekitar Rp 31.000).

Perlu dicatat, harga tersebut merupakan harga diskon yang akan berlangsung hingga 20 November 2023 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Selasa (31/10/2023).

Setelah tanggal tersebut, harga akan menjadi normal, yaitu 40 dollar AS (sekitar Rp 635.000) untuk Base Game, 20 dollar AS (sekitar Rp 317.000) untuk DLC Winter's Expansion, dan 5 dollar AS (sekitar Rp 79.000) untuk All Access Voucher.

Di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan iPad Pro M1/M2, game ini akan berjalan secara native melalui media penyimpanan (storage) perangkat, bukan melalui layanan cloud streaming.

Di laman App Store, pengguna yang ingin mencoba game ini tampaknya harus menyiapkan storage sebesar 1,4 GB. Namun, pengguna yang ingin mencoba game ini secara penuh konon harus memiliki sisa storage sekitar 8 GB.

Visual diklaim setara game konsol

Ilustrasi chip Apple A17 Pro baru yang dirancang dengan fabrikasi 3 nanometer. Chip ini disematkan ke dalam iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro MaxApple Ilustrasi chip Apple A17 Pro baru yang dirancang dengan fabrikasi 3 nanometer. Chip ini disematkan ke dalam iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

Nah, meski dimainkan di perangkat portabel macam smartphone atau tablet, gameplay dan kualitas visual Resident Evil Village di iPhone 15 Pro atau iPad Pro M1/M2 diklaim akan tetap setara dengan platform PC konsol.

Klaim ini diutarakan Apple pada saat peluncuran iPhone 15 Pro September lalu. Menurut Apple, hal ini bisa terwujud berkat kemampuan chip A17 Pro yang mentenagai iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Baca juga: iPhone 15 Pro-Max Bisa Mainkan Game PC AAA, Termasuk Resident Evil 4

Chip yang dirancang dengan teknologi fabrikasi 3 nanometer (nm) memiliki jumlah transistor mencapai 19 miliar unit transistor, meningkat dari 16 miliar unit transistor di A16 Bionic iPhone 14.

Chip ini memiliki prosesor (CPU) dengan jumlah inti mencapai enam inti (6-core) yang diklaim 10 persen lebih cepat dari A16 Bionic, serta unit pengolah grafis (GPU) dengan jumlah inti mencapai 6-core pula dengan peningkatan performa 20 persen dari generasi sebelumnya.

Lebih lanjut, GPU A17 Pro juga dibekali dengan fitur Mesh Shading untuk meningkatkan kualitas visual dalam game, serta Ray Tracing untuk mendukung efek pemantulan cahaya realistis.

Dengan konfigurasi hardware dan fitur GPU seperti ini, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max diklaim dapat menjalankan game berbujet tinggi alias triple-A (AAA) yang umumnya membutuhkan spesifikasi tinggi di komputer (PC) dan konsol.

Selain Resident Evil Village, beberapa game AAA lainnya juga akan menyambangi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max di masa depan. Beberapa di antaranya seperti Resident Evil 4 Remake, Assassin's Creed Mirage, hingga Death Stranding Director's Cut.

Belum bisa dipastikan kapan game-game ini akan meluncur di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com