Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Terbaik Paruh Pertama 2023 Versi OpenCritic, Ada Zelda dan Resident Evil 4

Kompas.com - 10/07/2023, 13:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber OpenCritic

KOMPAS.com - Tahun 2023 sudah setengah jalan. Selama enam bulan terakhir pada paruh pertama 2023, ada banyak game yang dirilis.

Berbagai studio yang meluncurkan game terbarunya, baik game berbujet tinggi (triple-A/AAA) maupun indie.

Dari banyaknya game yang dirilis, beberapa di antaranya melampaui ekspektasi para kritikus game, baik karena alur ceritanya yang baik maupun karena mekanisme gameplay yang inovatif.

Situs pemberi rating dan ulasan OpenCritic, merangkum sejumlah game yang mendapat rating paling tinggi serta ulasan terbaik sepanjang paruh pertama 2023.

OpenCritic mengumpulkan ratusan ulasan game dari berbagai situs berita kenamaan, seperti IGN, GameSpot, serta Forbes.

Skor kemudian dikonversi menjadi rating OpenCritic, yakni "Mighty" (peringkat 10 persen teratas), "Strong" (30 persen peringkat setelah "Mighty"), "Fair" (Game dalam persentil ke-30 hingga ke-60), dan "Weak" (peringkat 30 persen terbawah).

Baca juga: Tidak Ada Game Roblox di PlayStation, Ini Alasan Sony

Setelah proses tersebut selesai, OpenCritic menempatkan deretan game dengan rating terbaik dalam peringkat "2023 Hall of Fame". Jadi semua game dalam list ini akan memiliki skor "Mighty".

Lantas, apa saja game terbaik versi OpenCritic pada paruh pertama 2023? Berikut daftarnya.

1. The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom

The Legend of Zelda: Tears of the KingdomPolygon The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom
Game terbaik yang meluncur pada paruh pertama 2023 adalah "The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom".

Sekuel "The Legend of Zelda: Breath of the Wild" ini menceritakan usaha protagonis game, Link, dalam menyelamatkan dunia Hyrule dari serangan monster.

Ganondorf yang sepanjang seri "The Legend of Zelda" menjadi musuh bebuyutan Link kembali "bangkit dari kubur". Dengan begitu, Link harus menghentikan upaya jahat Ganondorf.

Game petualangan dalam dunia terbuka (open world) ini mendulang rata-rata skor 96 di OpenCritic. Dari 133 buah ulasan, 97 persen di antaranya merekomendasikan pemain untuk menjajal game ini.

Menilik sejumlah ulasan dari media game populer, situs IGN (memberi skor 10/10) menjelaskan bahwa "The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom" merupakan game yang membuat prekuelnya terasa seperti sebuah kerangka game yang belum selesai digarap.

Game ini juga disebut menawarkan pengalaman sandbox yang fenomenal, karena mereka mampu melakukan banyak eksperimen lewat item yang ada, menurut situs VGC (skor 5/5).

"The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom" tersedia di konsol Nintendo Switch dengan harga 69.99 dollar AS atau setara Rp 1 juta.

2. Resident Evil 4 Remake

ilustrasi Resident Evil 4 RemakePC Gamer ilustrasi Resident Evil 4 Remake
Menempati posisi kedua, ada "Resident Evil 4 Remake" yang diluncurkan Maret lalu. Seperti namanya, game ini merupakan hasil pembuatan ulang (remake) dari "Resident Evil 4" keluaran 2005.

Dalam permainan ini, gamers bakal berperan sebagai agen rahasia Amerika Serikat (AS) yang bernama Leon S. Kennedy. Leon mendapat misi spesial untuk menyelamatkan anak dari presiden AS, Ashley Graham, yang diculik oleh sekelompok sekte ke desa terpencil.

Agen rahasia ini pun akan menghadapi orang-orang yang terinfeksi penyakit yang membuat mereka terlihat seperti zombi.

Di OpenCritic, game aksi bernuansa horor ini mendapatkan skor 92. Dari 186 buah ulasan, 98 persen di antaranya merekomendasikan "Resident Evil 4 Remake".

Menurut situs Game Informer (skor 9,5/10), remake ini menjadi game terbaik dalam seri "Resident Evil", tepatnya setelah "Resident Evil 4" versi orisinal. Hal ini dikarenakan oleh sejumlah faktor, misalnya grafik dan desain levelnya yang lebih modern.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com