Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, WhatsApp Business Summit Digelar di Indonesia Hari Ini

Kompas.com - 01/11/2023, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara WhatsApp Business Summit resmi digelar secara luring (offline) hari Rabu ini (1/11/2023) di The Ritz-Carlton Jakarta, Senayan, Jakarta Selatan.

Ini menjadi pertama kalinya WhatsApp Business Summit digelar di Indonesia. Sebelumnya, pertemuan ini pertama kali dihelat di Sao Paulo, Brasil pada November 2022 lalu.

WhatsApp Business Summit merupakan acara yang mempertemukan para pelaku bisnis yang memakai WhatsApp (WA) Business, yakni aplikasi perpesanan instan yang memungkinkan pebisnis berinteraksi dengan konsumen secara lebih mudah.

Dalam acara ini, layanan di bawah naungan Meta tersebut akan mengumumkan pembaruan mengenai inovasi produk untuk membantu bisnis di Tanah Air, dan menghadirkan berbagai pembicara, yang akan membagikan tips dan kisah sukses dalam berbisnis menggunakan WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Business Siapkan Fitur Baru untuk Pelaku UMKM agar Makin Cuan

Berdasar undangan yang diterima KompasTekno, acara ini bakal menghadirkan beragam pembicara, seperti Head of Industry, Meta Indonesia, Aldo Rambie; Director of Global Marketing, Business Messaging, Meta, Kathleen Tandy; dan Chief Commercial Officer Alfagift Alfamart, Linda Valentin.

Country Director Meta Indonesia, Pieter Lydian dan Director of Global Affairs WhatsApp, Clair Deevy juga masuk dalam daftar pembicara di WhatsApp Business Summit Indonesia.

Selain sesi sharing dari petinggi di berbagai perusahaan, ada pula experience zone yang kemungkinan menjadi area mencoba fitur-fitur terbaru WhatsApp Business.

Terkait fitur, WhatsApp belum mengumumkan apa saja inovasi baru yang akan hadir di layanannya. Namun, pastinya fitur ini akan berkaitan dengan kemudahan pebisnis dan konsumen dalam menggunakan aplikasi perpesanan instan itu.

Sedikit kilas balik, WhatsApp Business Summit di Brasil tahun lalu mengumumkan fitur baru bernama Business Search.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Pesan Suara Rahasia

Fitur ini memudahkan pengguna menemukan akun resmi perusahaan atau bisnis yang memakai layanan WhatsApp Business.

Pengguna tinggal melakukan pencarian dengan mengetik nama bisnis atau perusahaan terkait di kolom pencarian WhatsApp. Kemudian, pengguna memilih akun bisnis tertentu lalu memulai percakapan.

Hal ini berbeda dengan sistem lawas, yang mana pengguna harus mengetahui nomor WA resmi perusahaan atau mengeklik tautan tertentu untuk mengirimkan pesan WhatsApp ke toko terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com