Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan Domain ".ing", Adobe dan Canva Sudah Pakai

Kompas.com - 01/11/2023, 16:31 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Registry, unit bisnis Google yang fokus pada layanan penyedia domain, meluncurkan Top Level Domain (TLD) baru yaitu .ing (dot ing). Domain tersebut diumumkan perusahaan lewat blog resmi Google.

"Domain tingkat atas ini siap untuk apa pun yang Anda sukai," kata Christina Yeh, tim di Google Registry, dikutip dari blog Google.

Hadirnya domain .ing terbilang menarik karena ada banyak kata yang bisa dipakai dengan imbuhan "ing", khususnya dalam bahasa Inggris. Imbuhan ini menunjukkan aktivitas yang sedang dijalankan.

Oleh karena itu, akan ada banyak domain .ing yang ditaksir bakal menjadi rebutan. Contohnya think.ing, yang berarti sedang berpikir, buy.ing, go.ing, draw.ing dan lain sebagainya.

Di situs perusahaan registrat domain dan web hosting Amerika Serikat (AS) Go Daddy, situs dengan domain itu dijual dengan harga cukup tinggi. Think.ing misalnya, dijual seharga 38.999,99 dollar AS atau setara sekitar Rp 622 juta per tahun.

Kemudian buy.ing, dijual seharga 129.999,99 dollar AS per tahun, atau setara sekitar Rp 2 miliar per tahun.

Adapun pendaftaran domain .ing akan dibuka untuk publik mulai 5 Desember 2023. Kendati demikian, Google sudah membuka akses awal alias pendaftaran prioritas domain .ing sejak peluncuran domain tersebut.

Baca juga: Datang Belakangan, Jumlah Domain .id Sudah Lewati co.id

Artinya, pelanggan sekarang bisa mendaftar domain .ing lewat perusahaan registrat domain seperti Go Daddy, MrDomain, 101domain dan lain sebagainya.

Pelanggan juga bisa mengecek ketersediaan domain .ing yang diinginkan lewat situs get.ing sebelum membelinya di situs registrat domain tadi.

Untuk akses prioritas, pelanggan harus membayar biaya ekstra di luar biaya langganan domain .ing, sebanyak satu kali. Menurut Google, biaya ekstra itu akan berkurang setiap harinya, seiring dibukanya pendaftaran domain .ing untuk publik pada 5 Desember nanti.

"Anda bisa mendaftarkan domain .ing sebagai bagian dari Periode Akses Awal (Early Access Period/EAP) kami dengan biaya ekstra satu kali," ujar Yeh.

Rincian harga domain .ing bisa dicek lewat situs get.ing atau via situs web perusahaan registrat domain seperti disebut di atas.

Dipakai Canva dan Adobe

Lewat blognya, Google juga mengungkapkan bawa domain .ing sudah dipakai oleh sejumlah perusahaan kenamaan termasuk Canva dan Adobe.

Canva sebagai perusahaan penyedia aplikasi desain memakai domain .ing untuk situs design.ing dan draw.ing. Ketika diklik, pengguna akan diarahkan ke situs Canva untuk mulai menggambar atau mendesain aneka konten.

Canva sebagai perusahaan penyedia aplikasi desain memakai domain .ing untuk situs design.ing dan draw.ing. Kompas.com/Lely Maulida Canva sebagai perusahaan penyedia aplikasi desain memakai domain .ing untuk situs design.ing dan draw.ing.

Adapun Adobe memakai domain .ing untuk edit.ing dan signing. Lewat tautan itu, pengguna akan diarahkan ke layanan edit online milik Adobe.

Baca juga: Inilah Tuvalu, Negara yang Mendulang Pendapatan Besar dari Domain Internet

Siapkan domain .meme

Selain domain .ing, Google Registry juga menyediakan domain baru .meme. Pendaftaran awal domain .meme sudah dibuka sejak 28 November 2023. Domain ini juga bakal tersedia untuk pengguna umum mulai 5 Desember, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (1/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com