Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kartun Disney AI dari Foto Sendiri via Bing Image Creator

Kompas.com - Diperbarui 03/11/2023, 06:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, viral gambar poster atau kartun ala Disney Pixar dengan karakter yang ada di dalamnya yang menyerupai foto pengguna. Poster Disney Pixar itu ramai dibagikan pengguna di berbagai media sosial (medsos) seperti TikTok dan Twitter.

Adapun contoh kartun Disney dengan karakter dari foto sendiri yang tengah ramai dibagikan di medsos adalah sebagai berikut.

Baca juga: Apa Itu Bing Image Creator yang Lagi Viral buat Bikin Poster Disney Pixar?

Ilustrasi kartu Disney dari foto yang viral di medsos.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi kartu Disney dari foto yang viral di medsos.

Perlu diketahui, poster Disney Pixar seperti pada gambar di atas pada dasarnya bukan berasal dari hasil buatan tangan pengguna sendiri. Poster tersebut merupakan hasil olahan dari program AI (Artificial Intelligence) Art Generator.

Ada banyak program AI Art Generator yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kartun Disney dengan karakter dari foto pengguna. Salah satunya adalah Bing Image Creator, program AI Art Generator yang dikembangkan Microsoft dengan berbasis Dall-E 3 buatan OpenAI.

Untuk diketahui, Bing Image Creator memiliki kemampuan untuk membuat atau mengolah gambar berdasar teks perintah atau prompt yang dimasukkan pengguna. Dengan kemampuan itu, pengguna bisa membuat berbagai gambar yang sesuai keinginan.

Pengguna dapat memerintahkan Bing Image Creator untuk membuat gambar dengan gaya, warna, karakter, dan latar belakang tertentu. Kemampuan itulah yang kini ramai dimanfaatkan untuk membuat poster Disney AI dari foto.

Melihat keramaian ini, lantas bagaimana cara membuat kartun Disney dari foto melalui Bing Image Creator? Bila tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat foto menjadi kartun Disney AI.

Baca juga: Cara Bikin Deskripsi Bing Image Creator Otomatis untuk Membuat Poster Disney AI dari Foto

Cara membuat poster Disney AI dari foto

Cara membuat foto menjadi kartun Disney AI di Bing Image Creator itu cukup mudah. Untuk membuatnya, pengguna tinggal mempersiapkan dulu foto yang hendak dijadikan karakter animasi dengan desain ala Disney Pixar.

Baca juga: Chatbot Bing Kebagian AI Dall-E, Bisa Bikin Gambar dari Perintah Teks

Selanjutnya, pengguna dapat memasukkan teks perintah atau prompt pada Bing Image Creator untuk membuat gambar ala Disney Pixar dengan deskripsi dari karakter yang terdapat di foto.

Kemudian, Bing Image Creator bakal membuatkan kartun Disney dengan karakter seperti yang dideskripsikan dari foto. Adapun penjelasan mengenai cara kartun Disney dari foto via Bing Image Creator adalah sebagai berikut:

  • Buka website Bing Image Creator ini https://www.bing.com/create dan login menggunakan akun Microsoft.
  • Selanjutnya, ketik prompt untuk membuat gambar di kolom yang tersedia.
  • Pengguna bisa membuat poster dengan perintah sesuai keinginan. Untuk membuat foto menjadi kartun Disney, pengguna bisa menuliskan perintah awal dengan kalimat “Disney Pixar style”.
  • Selanjutnya, pengguna bisa menuliskan perintah lebih spesifik yang mendeskripsikan karakter pada foto untuk dibuat jadi kartun Disney.
  • Pengguna dapat memberikan penjelasan bentuk karakter pada foto, seperti bentuk muka, pose, pakaian yang dipakai, dan lainnya.
  • Dalam beberapa percobaan yang dilakukan, kami menggunakan salah satu prompt seperti ini:
    • “Disney Pixar style. A man wears a turquoise green shirt with a colorful floral pattern. He has short black hair with bangs covering the forehead. He has an oval face. He wears retro style glasses with brown lenses. His expression is smiling. The background is a field filled with trees. The POV is taken at half body. 3D Animation.”
  • Setelah membuat perintah, klik opsi “Create”.
  • Kemudian, Bing Image Creator bakal memproses perintah tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga poster Disney AI disajikan.
  • Bing Image Creator bakal menyajikan empat variasi gambar yang sesuai dengan perintah pengguna.
  • Setelah disajikan, pengguna bisa mengunduh poster Disney AI dengan karakter menyerupai foto yang diolah Bing Image Creator.

Ilustrasi cara membuat kartun Disney dari foto via Bing Image Creator.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat kartun Disney dari foto via Bing Image Creator.

Cukup mudah bukan cara membuat kartun Disney dari foto sendiri melalui Bing Image Creator? Perlu diketahui, teks perintah atau prompt yang dimasukkan ke Bing Image Creator memiliki peran penting.

Untuk mendapatkan hasil yang setidaknya mendekati ekspektasi, pengguna harus memasukkan deskripsi perintah secara detail. Semakin detail deskripsi yang diberikan maka semakin memudahkan Bing Image Creator untuk menyajikan gambar yang sesuai keinginan.

Kemudian, untuk diketahui pula, Bing Image Creator hanya bisa memahami perintah dalam bahasa Inggris. Dalam mengolah perintah tersebut menjadi gambar, Bing Image Creator masih memiliki beberapa kekurangan.

Baca juga: 10 Contoh Deskripsi Bing Image Creator untuk Membuat Poster Disney AI yang Viral

Dari beberapa percobaan yang kami lakukan, Bing Image Creator bisa menghasilkan gambar yang cukup aneh, seperti gambar terpotong, terdapat bagian yang tidak simetris, dan kurang sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

Jika hasilnya tidak cukup memuaskan, pengguna bisa meminta Bing Image Creator untuk mengolah kembali dengan perintah yang sama. Kemudian, pengguna juga bisa menambahkan perintah untuk memperjelas gambar yang diinginkan.

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat kartun Disney dari foto sendiri melalui Bing Image Creator yang viral di medsos. Sebagai informasi tambahan, hasil olahan Bing Image Creator yang meniru desain Disney Pixar bisa berpotensi melanggar hak cipta.

Oleh karena itu, gambar dari Bing Image Creator hendaknya tidak dipakai untuk aktivitas komersial, sebaiknya cukup dijadikan hiburan. Saat ini, Bing Image Creator tampaknya telah menyensor kata atau desain yang mengacu secara langsung pada merek Disney Pixar.

Baca juga: Viral Poster Disney Pixar dengan Karakter dan Nama Sendiri, Bagaimana Cara Membuatnya?

Dengan demikian, pengguna sekarang tak akan bisa menjumpai lagi kata “Disney Pixar” dan properti lain seperti yang biasa muncul di poster-poster film Disney Pixar, pada hasil olahan Bing Image Creator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com