Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Liputan Lenovo Singapura

Tiga "Senjata" Baru Lenovo di Pasar Gaming Indonesia

Kompas.com - 09/11/2023, 09:52 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jelang akhir 2023, Lenovo merilis tiga amunisi barunya untuk bersaing di pasar gaming, khususnya di Indonesia. Mereka adalah konsol handheld berbasis Windows 11, Lenovo Legion Go, laptop gaming Legion 9i, dan kacamata gaming AR Legion Glasses.

Ketiganya dikenalkan dalam sebuah acara khusus, Legion Asia Pacific Tour 2023 yang digelar di Singapura, Selasa (7/11/2023).

"Produk-produk ini dirancang untuk membuka era baru solusi gaming canggih, dan meningkatkan pengalaman gaming," ujar Clifford Chong, dalam acara Lenovo Asia Pacific's Category Manager for Gaming yang turut dihadiri KompasTekno, Selasa.

Ketiga produk gaming ini memang mengusung teknologi canggih yang menjadi solusi bagi para gamer. Legion Go misalnya, memiliki ukuran layar terbesar di kelasnya, dengan CPU AMD Ryzen Z1 dengan clock tertinggi (7.500 MHz).

Baca juga: Konsol Game Windows Lenovo Legion Go Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Sementara Legion 9i adalah laptop gaming dengan solusi pendinginan cair internal nan tipis, yang terintegrasi langsung di dalam CPU dan GPU laptop, memberikan performa gaming yang optimal.

Di sisi lain, kacamata Legion Glasses bisa digunakan dengan berbagai perangkat gaming Legion, untuk memberikan pengalaman gaming yang imersif dengan teknologi Augmented Reality.

Lenovo memastikan konsol gaming handheld pertamanya, Legion Go dijual di pasar Indonesia, mulai 8 November 2023. Harga Lenovo Legion Go di Indonesia adalah Rp 13.499.000. KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Lenovo memastikan konsol gaming handheld pertamanya, Legion Go dijual di pasar Indonesia, mulai 8 November 2023. Harga Lenovo Legion Go di Indonesia adalah Rp 13.499.000.

Legion Go

merupakan konsol gaming handheld berbasis Windows 11, sehingga perangkat ini bisa dibilang merupakan komputer (PC) mungil.

Perangkat ini memiliki wujud fisik yang mirip dengan Nintendo Switch, karena memiliki layar yang diapit oleh dua controller.

Secara desain, Legion Go dibekali layar Quad HD Plus IPS berukuran 8,8 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, dan refresh rate hingga 144 Hz. Panel ini menawarkan rasio layar 16:10, tingkat kecerahan maksimum 500 nits, dan gamut warna 97 persen DCI-P3.

Soal performa, Lenovo Legion Go ditenagai prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme. Prosesor ini memiliki kecepatan clock dasar 3,30 GHz dan kecepatan clock boost mencapai 5,10 GHz.

Legion Go dibekali RAM 16 GB (LPDDR5X) dengan kecepatan hingga 7.500 MHz dan pilihan storage SSD yang mencakup 256 GB/512 GB/1 TB (PCIe 4.0, NVMe M.2 2242). Bila dirasa kurang cukup, pengguna bisa memperluas storage dengan kartu microSD hingga 2 TB.

Ilustrasi laptop gaming Lenovo Legion 9i.Lenovo Ilustrasi laptop gaming Lenovo Legion 9i.

Legion 9i

Laptop Legion 9i diklaim Lenovo sebagai laptop pertama di dunia dengan sistem pendingin cair sirkulasi internal.

Biasanya, sistem pendingin cair membutuhkan sebuah periferal tambahan yang dicolokkan via konektor di laptop. Pada Lenovo Legion 9i, sistem pendingin yang dirancang bersama Cooler Master tersebut sudah ada di dalam laptop.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com