Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Poster Disney AI via Toonme, Mudah Tinggal Upload Foto

Kompas.com - 09/11/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Gambar atau poster berisi karakter pengguna dengan desain mirip animasi Disney Pixar beberapa waktu belakangan ini ramai menghiasi linimasa media sosial. Sebagaimana cukup umum diketahui, poster Disney Pixar itu bukan buatan pengguna sendiri.

Poster Disney Pixar yang ramai dibagikan di media sosial itu sejatinya hasil olahan dari platform AI (Artificial Intelligence) Art Generator. Ada banyak platform AI Art Generator yang bisa dipakai untuk bikin poster Disney AI.

Baca juga: Cara Bikin Deskripsi Bing Image Creator Otomatis untuk Membuat Poster Disney AI dari Foto

Salah satunya yang cukup ramai dipakai kemarin adalah platform AI Art Generator dari Microsoft, yakni Bing Image Creator. Selain itu, ada pula aplikasi Toonme. Beberapa waktu belakangan, aplikasi Toonme juga ramai dipakai oleh pengguna.

Sama-sama sebagai AI Art Generator, aplikasi Toonme memiliki kemampuan yang mirip dengan Bing Image Creator, yaitu mengolah gambar berdasarkan data yang dimasukkan. Adapun contoh poster Disney AI hasil olahan Toonme adalah sebagai berikut.

Contoh poster Disney Pixar dari foto hasil olahan Toonme.Toonme Contoh poster Disney Pixar dari foto hasil olahan Toonme.

Meski punya kemampuan yang mirip, Bing Image Creator dan Toonme memiliki perbedaan. Bing Image Creator mengolah gambar berdasar teks yang dimasukkan pengguna, sedangkan Toonme berdasarkan gambar atau image to image.

Fitur Toonme dalam mengolah gambar itu bakal memudahkan pengguna untuk membuat poster Disney AI. Pengguna tak perlu membuat deskripsi atau teks perintah terlebih dahulu seperti di Bing Image Creator.

Lantas, bagaimana cara membuat poster Disney AI melalui Toonme? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat poster Disney AI melalui Toonme dengan mudah.

Cara membuat poster Disney Pixar via Toonme

Cara membuat poster Disney Pixar melalui Toonme itu cukup mudah. Di Toonme, pengguna tinggal mengunggah atau upload foto dan memilih efek yang mirip animasi Disney Pixar. Setelah itu, Toonme bakal mengolah foto atau gambar tersebut menjadi poster Disney Pixar.

Baca juga: Cara Membuat Kartun Disney AI dari Foto Sendiri via Bing Image Creator

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat poster Disney AI melalui Toonme adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Toonme di toko aplikasi yang tersedia pada masing-masing HP (handphone), App Store (iOS) atau Play Store (Android).
  • Di aplikasi Toonme, silakan buka menu “Toon Effects” dan pengguna bakal disajikan dengan banyak efek gambar.
  • Pilih efek yang mirip dengan animasi Disney Pixar.
  • Selanjutnya, unggah salah satu foto dari galeri HP yang hendak dijadikan poster Disney Pixar.
  • Setelah terunggah, Toonme bakal mendeteksi foto tersebut dan mengolahnya menjadi gambar baru sesuai efek yang tadi dipilih.
    Ilustrasi cara membuat poster Disney AI melalui aplikasi Toonme.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat poster Disney AI melalui aplikasi Toonme.
  • Selanjutnya, Toonme bakal menyajikan satu poster Disney Pixar berdasarkan foto yang dimasukkan tadi.
  • Di halaman pratinjau, pengguna dapat melakukan beberapa pengeditan sederhana atas poster tersebut, seperti menambahkan tulisan, animasi, dan efek tertentu.
  • Setelah diedit, pengguna bisa mengunduh poster Disney Pixar hasil olahan Toonme tersebut.

Ilustrasi cara membuat poster Disney AI melalui aplikasi Toonme.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat poster Disney AI melalui aplikasi Toonme.

Cukup mudah bukan cara membuat poster Disney Pixar melalui Toonme? Selain efek animasi Disney Pixar, ada banyak koleksi efek lainnya di Toonme yang bisa dijajal pengguna. Toonme bisa diakses secara gratis.

Namun, jika ingin mengakses beberapa efek yang premium, seperti efek animasi Disney Pixar, pengguna perlu berlangganan. Saat ini, Toonme memberikan akses gratis akun premium selama tiga hari.

Jadi, pengguna bisa memanfaatkannya untuk membuat poster Disney Pixar dari foto di Toonme secara gratis. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara membuat poster Disney AI melalui aplikasi Toonme.

Baca juga: 5 Website AI untuk Membuat Poster Disney Pixar yang Lagi Viral di Medsos

Sebagai informasi tambahan, gambar hasil olahan AI semacam ini berpotensi melanggar hak cipta. Oleh karena itu, gambar yang dihasilkan AI sebaiknya digunakan secara bijak.

Kemudian, untuk diketahui pula, hasil olahan Toonme tidaklah lepas dari kekurangan. Berdasarkan percobaan yang kami lakukan, Toonme masih bisa menghasilkan gambar dengan bagian yang cukup aneh seperti mata dan wajah yang tidak simetris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com