Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal UX Design dalam Ponsel, Prinsip, dan Contohnya

Kompas.com - 10/11/2023, 16:45 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah User Experience Design atau UX Design yang tak asing lagi dalam penggunaan istilah teknologi. Terutama yang biasa ditemui pada website, ponsel, atau aplikasi.

Tak jarang UX Design seringkali disamakan dengan UI Design. Padahal, keduanya memiliki pengertian dan tujuan berbeda. Bagi Anda yang berkutat di dunia teknologi, kedua istilah ini bisa jadi cukup penting dalam proses kerja Anda.

Untuk memahami lebih lanjut, selengkapnya berikut ini pengertian UX Design, fungsi, dan prinsipnya. 

Baca juga: Mengenal UI/UX Design dan Apa Saja Perbedaannya

Pengertian UX Design dalam ponsel

(User Experience) UX Design atau UX desain dalam ponsel adalah proses merancang pengalaman pengguna untuk ponsel, supaya pengguna merasa nyaman saat menggunakan HP atau perangkatnya.

Ini melibatkan memahami kebutuhan pengguna, membuat produk yang mudah digunakan, serta menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna.

UX Design berfokus pada interaksi pengguna dengan produk, dan memastikan pengguna puas dan efisien saat menggunakannya.

Seorang yang bekerja di bidang ini biasa disebut dengan UX Designer. Mereka biasanya merancang tampilan dan cara pakai HP, serta membayangkan penggunaan ponsel tersebut.

Mereka juga membantu pengguna membayangkan cara mereka akan menggunakan produk itu. Mereka juga fokus supaya produknya mudah digunakan dan sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna.

Biasanya hal ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari tata letak, fungsionalitas, hingga keseluruhan pengalaman pengguna.

Baca juga: Definisi Desain UI, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Fungsi UX Design

Fungsi utama dari desain UX (User Experience) adalah untuk memastikan bahwa pengguna memiliki pengalaman yang baik, nyaman, dan memuaskan ketika menggunakan suatu produk atau layanan.

Mempermudah pengguna dalam menggunakan ponsel

UX design ponsel bertujuan untuk membuat ponsel yang mudah digunakan dan dipelajari oleh pengguna. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang ponsel yang memiliki navigasi yang jelas, fungsionalitas yang intuitif, dan elemen visual yang mudah dipahami.

Membuat pengguna merasa puas dan senang menggunakan ponsel

UX design ponsel bertujuan untuk membuat pengguna merasa puas dan senang menggunakan ponsel. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang ponsel yang menarik, informatif, dan bermanfaat bagi pengguna.

Antarmuka ponsel lebih ramah pengguna (User-Friendly UI)

UX design mampu menciptakan antarmuka yang mudah dimengerti dan digunakan pengguna serta didukung dengan elemen-elemen visual yang jelas, ikon yang mudah dipahami, dan navigasi intuitif.

Prinsip utama UX Design

Dilansir dari laman Falmouth, berikut ini beberapa prinsip UX Design yang harus diperhatikan.

Fokus pada pengguna

Pengalaman pengguna atau User Experience (UX) tidak dapat tercipta tanpa mempertimbangkan pengguna. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat pengguna sebagai fokus utama dalam proses desain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com