Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Threads Versi Web Kini Bisa Kutip Unggahan, Mirip di X Twitter

Kompas.com - 15/09/2023, 11:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Platform mikroblog Threads menambah fitur baru yang membuatnya makin mirip dengan pesaingnya, X (dulu Twitter). Posting Threads kini bisa dikutip (Quote), mirip dengan fitur "retweet dengan kutipan" saat masih bernama Twitter dulu.

Jadi, seperti di X, pengguna bisa menambahkan kutipan ke kiriman yang diunggah ulang (reposting). Namun, pengguna juga memiliki opsi "repost" saja tanpa perlu menambahkan konteks apapun.

Fitur baru ini diumumkan langsung oleh Head of Instagram, Adam Mosseri. Selain Quote, Mosseri juga mengumumkan fitur baru untuk Threads versi mobile.

“Perkenalkan dua fitur baru kami yang tengah digelontorkan untuk Threads. Untuk versi mobile (smartphone), Anda dapat mengikuti sebuah threads dengan mengaktifkan notifikasi selama 24 jam. Untuk web, Anda dapat mengutip konten lain di akun Anda,” tulis Mosseri.

Pengumuman CEO Instagram, Adam Mosseri bahwa Threads versi web kini sudah dapat Quote konten dari akun lainThreads/Adam Mosseri Pengumuman CEO Instagram, Adam Mosseri bahwa Threads versi web kini sudah dapat Quote konten dari akun lain

Pantauan KompasTekno, fitur ini sudah hadir untuk pengguna Indonesia. Ketika login akun Threads di website dengan alamat URL www.threads.net, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini jika menemukan konten menarik untuk dibagikan ulang.

Baca juga: Makin Mirip X Twitter, Threads Instagram Kini Bisa Cari Kiriman dengan Keyword

Untuk mengutip unggahan, klik ikon dua panah yang membentuk putaran. Ketika diklik, terdapat pilihan “Repost” dan “Quote”.

Fitur Quote di Threads versi web sudah hadir untuk pengguna IndonesiaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Fitur Quote di Threads versi web sudah hadir untuk pengguna Indonesia

Pilihan Quote nantinya akan mengarahkan pengguna ke jendela yang baru. Di sana, pengguna dapat menyertakan komentar yang ingin disampaikan. Sementara itu, bagian bawah teks adalah konten yang ingin kita bagikan ulang.

Selain teks, pengguna juga bisa menambahkan elemen lain saat mengutip, misalnya foto, video, atau GIF. Sebelum mengunggah konten, pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat melihat konten Quote tersebut.

Apakah ingin membagikannya ke semua orang (Anyone), akun yang diikuti saja (Profiles you follow), atau hanya akun yang “dicolek” atau di-mention di dalam postingan saja (Mentioned only).

Fitur notifikasi di Threads mobile

Untuk fitur notifikasi di Threads versi mobile, tampaknya belum tersedia di Tanah Air. Fitur ini agak berbeda dengan fitur notifikasi yang sudah ada sebelumnya.

DI fitu notifikasi lama, pengguna hanya bisa mengaktifkan notifikasi dari akun yang sudah diikuti (follow) saja, dengan mengetuk ikon lonceng yang terletak di laman profil. Lonceng tersebut dapat diaktifkan jika pengguna tertarik mengikuti informasi terkini dari akun tersebut.

Nah, di fitur notifikasi baru, pengguna bisa mengaktifkan lonceng tanpa harus mengikuti akun tersebut lebih dulu. Pengguna bisa langsung mengaktifkan notifikasi sebuah unggahan selama 24 jam.

Baca juga: Threads Versi Web Resmi Dirilis, Pengguna di Indonesia Sudah Bisa Coba

Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi terbaru dari sebuah kiriman, misalnya ketika ada komentar baru atau balasan dari unggahan tersebut.

“Ketuk ikon lonceng di kanan atas sebuah threads (unggahan). Ketika seseorang membalas, Anda akan mendapatkan notifikasi di tab “Activity” (Anda tidak perlu mengikuti akun tersebut, dan tidak akan ada yang tahu Anda mengikuti unggahan seseorang),” jelas akun @Threads.

Apabila sudah tidak tertarik, ikon lonceng tersebut bisa dinonaktifkan sesuka pengguna.

Threads juga menyertakan lapisan keamanannya agar tidak ada akun lain yang dapat mengetahui mana saja konten yang diikuti pengguna.

Tampaknya fitur ini tengah digelontorkan secara bertahap oleh Meta. Jadi, cobalah untuk terus memperbarui aplikasi Threads ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur ter-update, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (15/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com