Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Kode Rahasia, Ini Fungsinya

Kompas.com - 15/11/2023, 19:16 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) diketahui tengah menyiapkan fitur kode rahasia untuk melengkapi fitur keamanan Chat Lock alias kunci pesan.

Fitur Chat Lock sendiri dirilis secara global pada Mei lalu kepada seluruh pengguna. Fitur ini berguna untuk mengamankan obrolan WA dari akses yang tidak diinginkan.

Awalnya, daftar pesan yang dikunci melalui fitur Chat Lock ini akan muncul di tampilan utama WhatsApp. Tepatnya di paling atas daftar obrolan utama.

Nah, fitur "kode rahasia" ini nantinya akan menyembunyikan sepenuhnya obrolan yang dikunci menggunakan fitur Chat Lock. Fungsi kode rahasia ini, adalah untuk mencari obrolan tersembunyi tersebut.

Dengan demikian, orang lain tidak akan mudah mengetahui adanya chat yang sengaja dikunci pengguna. Selain itu, fitur ini juga bisa mencegah akses dari orang lain yang tidak berwenang ke pesan rahasia.

Bagi pengguna yang mengedepankan privasi, fitur ini akan berguna menjaga privasinya.

Menurut laporan situs pembocor fitur baru WhatsApp, WABeatInfo, menu untuk membuat kode rahasia ini akan tersedia di pengaturan chat lock WhatsApp.

Kodenya bisa dibuat secara unik oleh pengguna, ketimbang memakai kunci ponsel seperti pengaturan default chat lock.

Baca juga: WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Alamat IP Pengguna Saat Voice Call

Pengaturan fitur kode rahasia di WhatsAppWABetaInfo Pengaturan fitur kode rahasia di WhatsApp

Jadi, bila pengguna mengaktifkan kode rahasia, maka gerbang ke pesan yang terkunci otomatis disembunyikan dari tampilan utama WA.

Menurut WABetaInfo, fitur kode rahasia sudah tersedia untuk sejumlah pengguna WA beta Android khususnya versi 2.23.24.20.

Ke depannya, fitur WhatsApp itu juga bakal diperluas ke pengguna lain dalam beberapa minggu mendatang, dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (15/11/2023).

WABetaInfo juga bilang bahwa sejumlah pengguna beta mungkin mendapat fitur tambahan yang memungkinkan mereka menghapus pesan yang terkunci, langsung dari pengaturan privasi. Mekanisme ini jadi memudahkan proses hapus pesan ketimbang cara manual.

Fitur itu juga menjadi alternatif bila pengguna lupa kode rahasia untuk membuka gerbang chat lock.

Bikin chat rahasia lebih aman

Adapun fitur chat lock dirilis global oleh induk WhatsApp, Meta, pada pertengahan Mei lalu. Sebagaimana namanya, fitur kunci pesan WhatsApp berguna untuk mengamankan obrolan WA dari akses yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Login 2 Nomor WA di 1 HP atau 1 Nomor WA di 2 HP

Menurut Meta, fitur ini cocok bagi pengguna yang suka berbagi ponsel dengan anggota keluarganya.

Selain itu, Chat Lock juga bisa membantu pengguna mengamankan pesan ketika ponsel dipegang oleh orang lain. Pasalnya, isi pesan yang dikunci tidak akan ditampilkan pada bar notifikasi.

ilustrasi fitur Chat Lock di WhatsApp BetaWhatsApp ilustrasi fitur Chat Lock di WhatsApp Beta

Pesan WA yang dikunci juga tidak akan muncul di halaman utama aplikasi, melainkan tersedia pada tab khusus bernama "Locked chat" (Chat yang dikunci), terletak di atas menu "Archived" (Diarsipkan).

Fitur Chat Lock berbeda dengan fitur kunci aplikasi WhatsApp karena perlindungannya berada di lapisan dalam aplikasi, bukan di luar aplikasi WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com