Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 18/11/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap. WhatsApp memiliki sistem keamanan yang ketat, sehingga kecil kemungkinan akun pengguna disadap oleh orang lain.

Sistem keamanan itu, misalnya, saat login akun awal, terdapat sistem keamanan melalui kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon. Lalu, saat menggunakan WA, terdapat sistem keamanan end-to-end encryption, yang membuat pesan tidak bisa diintip siapa pun.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Meski punya sistem keamanan yang kuat, masalah akun WhatsApp disadap tetap bisa terjadi. Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja lalai, sehingga akun WhatsApp miliknya bisa disadap dan diambil alih dari jarak jauh.

Oleh karena itu, supaya tak disadap, pengguna perlu mengetahui cara mengamankan akun WhatsApp. Lantas, bagaimana cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap

Cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap bisa dilakukan dengan berbagai tindakan. Salah satunya adalah pengguna bisa mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah yang memungkinkan akun WhatsApp mendapat pengamanan ekstra.

Selain cara tersebut, terdapat beberapa lagi cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap adalah sebagai berikut.

1. Tidak membagikan kode verifikasi sembarangan

Pertama, supaya tidak disadap oleh orang asing, jangan pernah membagikan kode verifikasi akun atau kode OTP pada orang lain. Di WhatsApp, kode OTP bakal dikirim ke nomor telepon pengguna dan perlu dimasukkan saat hendak login akun.

Kode OTP berfungsi untuk memverifikasi bahwa akun benar-benar milik pengguna. Tanpa kode OTP, pengguna tak akan bisa login akun WhatsApp. Oleh karena itu, kode OTP punya fungsi yang sangat vital dalam mengakses akun WhatsApp.

Orang yang hendak menyadap membutuhkan kode OTP supaya bisa masuk ke akun WhatsApp pengguna. Dengan demikian, pengguna jangan sampai memberikan informasi kode OTP akun WhatsApp ke orang lain.

2. Mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah

Sebagaimana sempat dijelaskan di atas, cara yang kedua adalah dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

Sebagai informasi, fitur tersebut bakal memberikan pengamanan ekstra saat ada orang yang mencoba login menggunakan akun WhatsApp pengguna, dengan mengharuskan untuk memasukkan pin tambahan yang berisi enam digit angka.

Fitur ini bisa diaktifkan di dalam opsi "Akun" pada menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, pengguna bakal diminta untuk memasukkan pin pengaman tambahan selain kode OTP, saat hendak login akun di WhatsApp.

3. Logout akun WhatsApp dari perangkat asing

Cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap yang berikutnya adalah dengan mengeluarkan akun yang login di perangkat asing. Pengguna bisa jadi telah login akun WhatsApp di perangkat lain yang bukan milik pribadi.

Setelah login, pengguna mungkin lupa belum mengeluarkan penautan akun dari perangkat itu. Alhasil, akun WhatsApp pengguna bisa dikendalikan orang lain yang punya perangkat tersebut dari jarak jauh.

Oleh karena itu, pengguna perlu logout akun WhatsApp dari perangkat asing tersebut untuk menghentikan penyadapan. Cara mengeluarkan akun yang tertaut di perangkat asing dapat dilakukan via menu “Pengaturan” di aplikasi WhatsApp pada HP utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com