Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp Berbeda Tiap Kontak dengan Mudah

Kompas.com - Diperbarui 30/01/2024, 16:18 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp atau biasa disingkat WA, memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengganti nada dering pesan atau panggilan masuk sesuai keinginan. Penggantian nada dering WA ini bisa dilakukan dengan beberapa pilihan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Salah satunya adalah pengguna bisa mengganti nada dering WhatsApp untuk setiap kontak, sehingga bisa berbeda satu sama lain. Dalam hal ini, pengguna mungkin butuh untuk mengetahui cara mengganti nada dering WA berbeda tiap kontak.

Cara tersebut menarik untuk dicoba karena pengguna bisa mengatur nada dering untuk kontak-kontak tertentu yang dirasa dekat, sehingga dapat membedakan pemberitahuan masuk untuk kontak itu dengan kontak yang lain.

Lantas, bagaimana cara mengganti nada dering WA berbeda tiap kontak? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengganti nada dering WA berbeda tiap kontak.

Baca juga: Cara Mengurangi Penyimpanan WhatsApp Penuh di HP Android dan iPhone

Cara mengganti nada dering WA berbeda tiap kontak

Cara mengganti nada dering WA berbeda tiap kontak itu cukup mudah. Pengguna bisa melakukannya melalui menu pengaturan yang terdapat di masing-masing halaman informasi kontak WhatsApp.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara mengganti nada dering WhatsApp berbeda tiap kontak adalah sebagai berikut:

  • Buka ruang obrolan kontak yang hendak diganti nada deringnya di WhatsApp.
  • Selanjutnya, ketuk nama kontak pada ruang obrolan itu untuk membuka menu pengaturan kontak.
  • Pada menu pengaturan kontak, klik opsi “Wallpaper & Sound”.
  • Kemudian, pilih opsi “Custom Tone”.
  • Selanjutnya, pilih nada dering untuk kontak tersebut yang sesuai keinginan dari daftar yang tersedia.
  • Setelah memilih nada dering, klik opsi “Save”.
  • Kini, nada dering berhasil diterapkan untuk satu kontak tersebut.
  • Pengguna bisa mengulangi langkah-langkah di atas pada kontak yang lain untuk mengganti nada deringnya agar saling berbeda satu sama lain.

Ilustrasi cara mengganti nada dering WhatsApp berbeda tiap kontak.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WhatsApp berbeda tiap kontak.

Cukup mudah bukan cara mengganti nada dering WhatsApp berbeda tiap kontak? Dengan cara ini, pengguna bisa menggonta-ganti nada dering untuk tiap kontak WhatsApp, sehingga pemberitahuannya tak terasa membosankan.

Baca juga: 2 Cara agar Foto WhatsApp Tersimpan Otomatis di Galeri HP, Mudah

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengganti nada dering WhatsApp berbeda tiap kontak dengan mudah melalui menu pengaturan di masing-masing halaman informasi kontak, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com