Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taklukkan Echo, RSG PH Juara "Mobile Legends" MPLI 2023

Kompas.com - 20/11/2023, 12:29 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Tim e-sports profesional asal Filipina, RSG Philippines (RSG PH), menjuarai kompetisi Mobile Legends Professional League Invitational (MPLI) 2023.

Sebagai juara MPLI 2023, RSG PH mengamankan porsi hadiah uang sebesar 37.000 dollar AS (kira-kira Rp 571,4 juta) dari total hadiah 100.000 dollar AS (setara Rp 1,5 miliar).

Adapun titel kampiun dan hadiah uang diperoleh, setelah RSG PH menaklukkan Echo di babak Grand Final dengan skor akhir 3-1. Derby antara dua tim Filipina ini mengusung format lima game terbaik (Best of 5/BO5).

RSG PH menurunkan roster Light, Aqua, Emann, Nathzz, dan Demonkitee. Sementara itu, Echo membawa skuad KarlTzy, Jaypee, Sanji, Sanford, serta Bennyqt.

Pada game pertama, RSG PH bermain disiplin dan mengumpulkan banyak poin eliminasi karena triple kill yang diperoleh RSG Demonkitee. Team fight RSG PH sangat baik sehingga skor eliminasi pun menjadi 19-6.

RSG bermain sangat agresif dan akhirnya menghancurkan turret markas Echo. Skor 1-0 untuk RSG.

Echo mulai menunjukkan taringnya pada game kedua. Kali ini, giliran Echo yang menunjukkan kerja sama yang bagus dengan skor eliminasi 8-2. Sedikit demi sedikit turret luar RSG mulai dihancurkan dengan bantuan lord.

Lord  kedua diamankan lagi oleh Echo. Echo dan lord pun menghajar lane bawah RSG. Dari segi "darah" (Hit Points/HP), sebenarnya anggota tim RSG cukup unggul ketimbang Echo.

Baca juga: Arab Saudi Gelar E-sports World Cup 2024, Berhadiah Rp 150 Miliar

Meski demikian, RSG kewalahan menghadapi lord dan Echo, kemudian takluk pada menit 13:50. Skor menjadi seri 1-1.

Momentum harusnya dipegang oleh Echo yang baru saja memenangkan game kedua. Kendati begitu, mental RSG tidak terpukul dan mereka kembali menunjukkan performa yang apik pada game ketiga.

Pada enam menit pertama, kedua tim ini tampak bermain disiplin tanpa banyak kill.

War besar pun terjadi saat perebutan lord pada menit kesembilan. Dalam duel seru ini, RSG menghabisi semua pemain dari Echo. Sementara itu, Echo hanya berhasil mengeliminasi dua pemain saja. Lord pun diamankan RSG, meski tak lama kemudian dieliminasi oleh Echo.

Lord kedua direbut lagi oleh RSG. Namun, tanpa lord pun RSG sudah masuk ke markas Echo dan menghancurkan turret terakhir. Skor pertandingan sementara adalah 2-1, sehingga menjadi momen hidup atau mati untuk Echo.

Pertandingan antara RSG PH dan Echo di Grand Final MPLI 2023KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pertandingan antara RSG PH dan Echo di Grand Final MPLI 2023
Pada akhirnya, game keempat benar-benar menjadi momen "kematian" Echo, karena mereka tidak berhasil memenangkan ronde agar bisa bermain lagi di game kelima. Hal ini tidak lain karena RSG membuat Echo babak belur dengan skor kill 16-2.

Level pemain RSG yang tinggi membuat Echo tidak berdaya dalam pertempuran. Dengan bantuan lord, RSG mengacaukan pertahanan Echo dan menghancurkan turret markas. Skor menjadi 3-1, sehingga RSG menjadi pemenang MPLI 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com