Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Resmi Akuisisi MNC Play

Kompas.com - 21/11/2023, 09:02 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo resmi mengakuisisi pelanggan MNC Play. Pada 15 November 2023 lalu, Indosat Ooredoo telah menandatangani akta berita acara serah terima dengan PT MNC Kabel Mediacom (MKM) untuk perpindahan sebagian pelanggan MNC Play.

MNC Vision Networks (IPTV) menjual aset pelanggan MNC Play ke PT Indosat Ooredoo Hutchison, dan aset jaringan fiber to the home (FTTH) kepadaPT Asianet Media Teknologi.

Untuk akuisisi pelanggan MNC Play oleh Indosat, MNC Vision akan memperoleh Rp 876,86 miliar. Nilai itu tidak termasuk dengan PPN dan tunduk pada mekanisme perjanjian yang telah disetujui kedua pihak.

Proses peralihan pelanggan MNC Play dari anak usaha PT MNC Vision Networks kepada Indosat sendiri saat ini masih terus bergulir, dan ditargetkan selesai pada semester pertama 2024 mendatang.

 Baca juga: Biznet, First Media, IndiHome, MyRepublic: Internet Mana Paling Kencang?

"Transisi ini ditargetkan selesai tiga sampai enam bulan. Paling lambat semester satu 2024 bisa selesai, tapi lebih cepat baik secara operasional," ujar Direktur Utama MNC Vision Networks Ade Tjendra dikutip KompasTekno dari KONTAN, Selasa (21/11/2023).

"Pelanggan yang dipindahkan mencapai 330.000 yang tersebar di berbagai kota Indonesia," lanjut Ade.

Ade menjelaskan beberapa pelanggan MNC Play yang dipindahkan ke Indosat tersebar di beberapa kota, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang dan Surabaya.

Di kesempatan berbeda, Steve Saerang selaku SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchinson mengatakan bahwa akuisisi pelanggan MNC Play oleh Indosat ini merupakan salah satu strategi mereka dalam mengembangkan bisnis fiber to the home (FTTH).

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Indosat lewat SMS dan Website

"Akan memperkuat posisi Indosat di pasar dengan tambahan sejumlah pelanggan MNC Play melengkapi 100 juta pengguna Indosat yang sudah ada," jelas Steve.

Layanan FTTH Indosat sendiri mulai dikenalkan akhir 2022 lalu, dengan nama Indosat HiFi,  melengkapi portofolio layanan fix mobile convergence (FMC) perusahaan.

Layanan FTTH Indosat hadir untuk menyasar segmen perumahan dan perkantoran. Saat diluncurkan, jangkauan jaringan FTTH HiFi Indosat diklaim mencapai lebih dari 20.000 homepass.

President Director & Chief Executive OfficerIndosat Ooredoo Hutchison (IOH), Vikram Sinha menargetkan IOH dapat memperoleh 10 persen pangsa pasar FTTH di Indonesia pada tahun 2026.

Selain mengalihkan pelanggan MNCTV ke Indosat, IPTV juga menjual jaringan infrastruktur fiber to the home (FTTH), kabel dan infrastruktur fixed broadband kepada PT Asianet Media Teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com