Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survival Stage PUBG Mobile PMGC 2023 Dimulai Hari Ini, 3 Tim Indonesia Bertanding

Kompas.com - 22/11/2023, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Tiga tim e-sports PUBG Mobile Indonesia akan memperebutkan tiket ke babak grand final kompetisi PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2023. Ketiga tim ini akan bertanding di babak Survival Stage, Rabu (22/11/2023) pukul 18.00 WIB.

Ketiga tim tersebut adalah Alter Ego Limax, Bigetron Red Villains, dan Persija Evos. Ketiga tim ini harus bertanding di babak Survival Stage karena gagal menduduki tiga posisi teratas di masing-masing grupnya pada babak group stage PMGC 2023 pekan lalu.

Sekadar informasi, tiga tim teratas di masing-masing grup pada babak group stage (grup Green, Red, dan Yellow) bisa langsung melaju ke babak Grand Final PMGC 2023.

Sementara itu, posisi keempat hingga kesebelas harus melewati babak penyisihan lanjutan, yaitu Survival Stage dan Last Chance, sebelum bisa melaju ke Grand Final.

Satu perwakilan Indonesia, yaitu Morph GPX yang berasal dari grup Red, berhasil berada di posisi tiga besar di grupnya, sehingga mereka dipastikan akan bertanding di Grand Final PMGC 2023.

Indonesia sendiri memiliki 4 perwakilan tim yang dikirim ke PMGC 2023. Artinya, babak Survival Stage merupakan kesempatan bagi tiga tim Indonesia lainnya tadi untuk bergabung bersama Morph GPX di Grand Final PMGC 2023.

Baca juga: Arab Saudi Gelar E-sports World Cup 2024, Berhadiah Rp 150 Miliar

Setelah Survival Stage masih ada Last Chance

PUBG Mobile update 2.9 memperkenalkan beragam konten menarik, misalnya mode bertema salju Frozen Kingdom.PUBG Mobile PUBG Mobile update 2.9 memperkenalkan beragam konten menarik, misalnya mode bertema salju Frozen Kingdom.
Nah, babak Survival Stage sendiri, yang digelar pada 22-24 November 2023, merupakan babak penyisihan awal. Penentu suatu tim masuk atau tidak ke Grand Final PMGC 2023 adalah babak Last Chance yang digelar pada 25-26 November 2023.

Pada babak Survival Stage, 24 tim yang berpartisipasi, termasuk tiga tim Indonesia di atas, akan dibagi ke dalam tiga grup (masing-masing berisi 8 tim).

Setiap grup akan memiliki kesempatan mengumpulkan poin dalam 6 pertandingan per harinya selama 2 hari secara bergiliran dalam 3 hari, sehingga total pertandingan yang harus mereka lewati ada 12 pertandingan.

Grup Red dan Green akan bermain di hari pertama, diikuti dengan grup Green dan Yellow, serta diakhiri dengan grup Red dan Yellow.

Nantinya, klasemen di babak Survival Stage ini digabung untuk semua grup, dan di pengujung babak Survival Stage, 16 tim teratas yang mengumpulkan poin terbanyak akan melaju ke babak Last Chance, sedangkan 8 sisanya tereliminasi.

Pada babak Last Chance, 16 tim akan bertanding dalam 12 pertandingan yang dibagi ke dalam 2 hari (6 ronde per hari). Di pengujung klasemen Last Chance, barulah 5 tim teratas klasemen akan mendapatkan tiket ke babak Grand Final PMGC 2023.

Adapun babak Grand Final PMGC 2023 akan digelar pada 8-10 Desember 2023 mendatang dan akan menghadirkan 14 tim terbaik dari babak Group Stage dan Last Chance, serta 2 tim undangan (total 16 tim).

Jumlah pertandingan di babak Grand Final ada 18 ronde, dan setiap harinya tim-tim yang berpartisipasi akan memainkan 6 ronde. 

Baca juga: Konsol PS5 Overheat di Turnamen E-sports, Port USB Sampai Meleleh

Event Air Drop Carnival diluncurkan PUBG Mobile.Dok PUBG Mobile Event Air Drop Carnival diluncurkan PUBG Mobile.
Lantas, apakah semua tim perwakilan Indonesia akan bisa tampil di Grand Final PMGC 2023? Hal ini tentunya bisa disimpulkan setelah babak Last Chance rampung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com