Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Mitra Inovasi Resmi "Rebrand" Jadi Telkomsel Ventures

Kompas.com - 23/11/2023, 12:21 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel resmi melakukan pembaruan identitas untuk anak perusahaannya yang bergerak di bidang permodalan, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

Kini, perusahaan yang didirikan pada 2019 itu berganti nama menjadi Telkomsel Ventures dan memiliki desain logo yang lebih segar, berwarna, dan modern.

CEO Telkomsel Ventures Mia Melinda mengatakan bahwa perubahan nama ini adalah salah satu upaya Telkomsel Ventures untuk tetap relevan dan adaptif seiring perkembangan zaman, terutama dalam mendukung pertumbuhan startup di Indonesia.

Tujuan perubahan nama Telkomsel Ventures juga bisa dilihat dari makna logo baru perusahaan permodalan milik operator "pelat merah" ini.

CEO Telkomsel Ventures, Mia Melinda dalam acara TMI Rebranding: Telkomsel Ventures yang digelar si Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten CEO Telkomsel Ventures, Mia Melinda dalam acara TMI Rebranding: Telkomsel Ventures yang digelar si Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023).

"Huruf 'V' di kata 'Ventures' digambarkan seperti garis yang ke atas, dan ini menggambarkan bahwa kami ingin terus membantu para startup early stage untuk berkembang," kata Mia dalam acara "TMI Rebranding: Telkomsel Ventures" yang digelar si Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023).

Baca juga: OpenSignal: Telkomsel Opsel Terbaik untuk Main Game di Jaringan 5G

"Gradasi warna dalam logo ini juga melambangkan bahwa kami fokus di transformasindigital, dan perubahan warna ini juga bisa menggambarkan bahwa kami merupakan perusahaan yang lincah dan bisa beradaptasi dengan zaman," imbuh Mia.

Kendati demikian menurut Mia perusahaan terdaftar tetap menggunakan nama "PT Telkomsel Mitra Inovasi", sedangkan Telkomsel Ventures adalah identitas atau branding perusahaan di publik.

Adapun perubahan nama dari TMI menjadi Telkomsel Ventures ini juga menandai dimulainya periode baru untuk pertumbuhan dan inovasi startup di Indonesia melalui kehadiran program pendanaan unggulan (flagship fund) kedua.

Sebelumnya, TMI menyelesaikan investasi perdananya pada flagship fund pertama tahun 2020 dengan total dana komitmen 40 juta dollar AS (sekitar Rp 623 miliar) yang telah diinvestasikan ke dalam 17 perusahaan di Asia Tenggara dan Amerika Utara.

Baca juga: Telkomsel Gelar Program Inkubasi NextDev Ke-9, Incar 4 Kategori Startup

Beberapa startup yang mendapatkan pendanaan di antaranya seperti Evermos startup yang bergerak di bidang e-commerce sosial yang fokus pada produk halal, Halodoc startup kesehatan terbesar di Indonesia, PrivyID startup KYC digital, Sekolahmu platform pembelajaran terpadu, Edenfarm startup rantai pasokan pertanian, hingga FinAccel perusahaan induk startup fintech Indonesia Kredivo.

Jajaran petinggi Telkomsel dan Telkomsel Ventures dalam acara TMI Rebranding: Telkomsel Ventures yang digelar si Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023).
KOMPAS.com/Bill Clinten Jajaran petinggi Telkomsel dan Telkomsel Ventures dalam acara TMI Rebranding: Telkomsel Ventures yang digelar si Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023).

Mia berharap perubahan identitas ini akan bisa membantu pertumbuhan ekosistem digital dan startup di Indonesia, terlepas dari kondisi ekonomi global yang tak menentu yang kini menjadi "musuh" dari startup yang ingin berkembang.

“Dengan hadirnya milestone terbaru ini, kami berharap Telkomsel Ventures akan menjadi fondasi yang dapat memberikan dukungan dan sumber daya sesuai kebutuhan para startup untuk mencapai path to profitability yang jelas,” pungkas Mia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com