Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Targetkan 250 Startup Ikut NextDev, 9 Terbaik Masuk Inkubasi

Kompas.com - 07/11/2023, 18:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel tengah mencari sejumlah perusahaan rintisan (startup) lokal baru yang ingin berkembang dan sukses melalui program NextDev yang ke-9.

Sesi registrasi (Talent Scouting) program tersebut dibuka pada 7 November hingga 20 Desember 2023, dan operator "pelat" merah ini menargetkan jumlah startup lokal yang ikut berpartipasi lebih banyak dari gelaran sebelumnya.

Hal ini disampaikan Vice President Corporate Communications dan Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono dalam acara peresmian NextDev ke-9 di Urban Forest, Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

"Target NextDev tahun ini sama seperti jumlah pendaftar NextDev tahun lalu, yaitu 250 startup yang melakukan pendaftaran Talent Scouting," kata Saki kepada KompasTekno.

Saki pun optimis bahwa jumlah pendaftar NextDev ke-9 tahun ini akan lebih banyak dari tahun lalu, yaitu 250 startup tadi. Sebab, kategori yang difokuskan di NextDev kali ini lebih luas dibanding NextDev sebelumnya, yaitu meliputi empat kategori startup.

Keempatnya adalah kategori startup untuk mengubah gaya hidup pengguna (Digital Lifestyle), startup untuk meningkatkan pengalaman transaksi digital (Commerce Enablement), startup yang mengandalkan inovasi dan teknologi terkini (Emerging Technologies), dan startup bisnis makanan di era digital (Digital Food Ecosystem).

"Kategori startup yang kami hadirkan di NextDev kali ini memiliki bidang yang lebih luas, misalnya Digital Lifestyle bisa mencakup startup penyedia hiburan, gaming, dan sebagainya, lalu Emerging Technologies bisa perusahaan AI atau semacamnya. Sehingga kami prediksi pendaftar NextDev kali ini akan lebih banyak," jelas Saki.

Baca juga: Startup Ingin Ikut Program Inkubasi Telkomsel NextDev? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Hanya diambil 9 startup terbaik

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono dalam peresmian NextDev ke-9 di Urban Forest, Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

Kompas.com/BILL CLINTEN Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono dalam peresmian NextDev ke-9 di Urban Forest, Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

Seperti disebutkan di atas, sesi pendaftaran dibuka pada 7 November - 20 Desember 2023 mendatang. Nantinya, setelah proses pendaftaran berakhir, Telkomsel akan melakukan proses seleksi dan kurasi.

Nah, dari target ratusan startup yang mendaftar tadi, Telkomsel hanya akan memilih sembilan startup potensial yang akan dibantu pengembangannya melalui program inkubasi NextDev Academy.

Telkomsel tak menyebut kapan mereka akan mengumumkan 9 startup atau finalis NextDev ke-9 ini. Mereka juga tak mengumbar startup jenis apa yang akan menjadi "jagoan" mereka.

Namun yang jelas, kesembilan startup tersebut akan dipilih dari empat kategori NextDev yang disebutkan di atas, dan mereka akan mendapatkan sesi bimbingan khusus dari sejumlah mentor di berbagai bidang bisnis.

Nantinya, dari 9 finalis NextDev ke-9 yang terpilih, startup yang paling menonjol dan potensial, alias "Best of The Best NextDev Startup", akan dipilih dan diumumkan melalui ajang NextDev Summit.

Belum dipastikan kapan NextDev Summit akan digelar. Namun yang pasti, acara ini juga akan menjadi wadah bagi para startup enthusiast untuk mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi dan solusi digital yang dapat menginspirasi orang banyak, terutama di Indonesia. 

Baca juga: Telkomsel Gelar Program Inkubasi NextDev Ke-9, Incar 4 Kategori Startup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com