Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertanya di Google Meet Kini Tinggal Angkat Tangan, Tak Perlu Tekan Tombol

Kompas.com - 25/11/2023, 11:31 WIB
Lely Maulida,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Meet kini dilengkapi dengan fitur pendeteksi gerakan tangan (hand gesture). Fitur ini dikembangkan Google dengan dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Berkat fitur itu, Google Meet bisa mengetahui ketika seorang pengguna mengangkat tangan, misalnya untuk bertanya. Dengan demikian, pengguna hanya perlu mengangkat tangan saat ingin bertanya ke pembicara di Meet, seperti di dunia nyata saja.

Ketika Meet mendeteksi pengguna mengangkat tangan, layanan rapat online ini akan menyalakan ikon angkat tangan di layar. Dengan begitu, pengguna lain bisa menyadarinya.

Hadirnya fitur itu juga menjadi alternatif yang praktis ketimbang menyalakan ikon angkat tangan di Meet secara manual.

Baca juga: Google Meet Bisa Bikin Background Pakai Teknologi AI

Nah, untuk memakai fitur ini, pengguna perlu memastikan bahwa tangan yang diangkat terlihat oleh kamera perangkat dan jauh dari wajah, atau tidak tumpang tindih di layar.

Pengguna juga harus mengangkat tangan selama beberapa detik, sehingga Meet bisa mendeteksinya.

Setelah ikon angkat tangan muncul di layar, pengguna nantinya akan tampil di layar utama, sehingga moderator menyadari ada audiens yang ingin bertanya atau menyampaikan pendapatnya.

Cara mengaktifkan pendeteksi gestur angkat tangan di Google Meet

Fitur pendeteksi gerakan tangan ini dinonaktifkan secara default dari pengaturan Google Meet. Jadi pengguna perlu mengaktifkannya secara manual bila ingin memakai fitur itu, lewat menu Pengaturan (Settings) > More options > Reactions > Hand Raise Gesture.

Agar menghindari kesalahan dalam mendeteksi gerakan tangan, Meet akan otomatis menonaktifkan fitur itu untuk pengguna yang berperan sebagai pembicara. Sebab, mereka seringkali menyampaikan materi dengan menggerakkan tangan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Google Meet Tidak Mengeluarkan Suara

Fitur itu akan dinyalakan kembali ketika pengguna tidak lagi berperan sebagai pembicara, seperti dihimpun KompasTekno dari blog Google, Sabtu (26/11/2023).

Menurut Google, fitur pendeteksi gestur angkat tangan sudah tersedia secara bertahap untuk pengguna Google Workspace, Enterprise dan Education. Belum diketahui kapan fitur serupa akan tersedia untuk pengguna Google Workspace biasa.

Dukung resolusi Full HD

Selain fitur pendeteksi gerakan tangan, Oktober lalu Google juga merilis dukungan resolusi 1080p alias Full HD untuk layanan Google Meet, setelah sebelumnya terbatas di 720p.

Sebetulnya, dukungan resolusi 1080p ini sudah hadir sejak April lalu. Hanya saja, fitur tersebut baru mendukung video call perorangan alias one-on-one, bukan grup seperti pembaruan ini.

Jadi, video call yang melibatkan tiga orang atau lebih via Google Meet, kini bisa dilakukan dengan resolusi video hingga 1080p sehingga lebih tajam dan jernih.

Ilustrasi penggunaan fitur video Full HD di Google MeetBlog Google Ilustrasi penggunaan fitur video Full HD di Google Meet

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna akan menemukan jendela baru di kanan atas, di dalam tampilan preview kamera, sebelum masuk ke ruang meeting.

Jendela tersebut menawarkan pengguna untuk mengaktifkan video beresolusi 1.080 piksel. Fitur ini baru akan muncul apabila pengguna menggunakan webcam yang mendukung resolusi Full HD atau lebih tinggi.

Baca juga: Virtual Backgrounds Google Meet Kini Bisa Diputar 360 Derajat

Bila pengguna ingin mengubah resolusi video ke versi yang lebih rendah, pengaturannya bisa dilakukan di menu Settings dengan mengeklik ikon titik tiga di bawah layar.

Kemudian, pilih “Video” di menu bar bagian samping, lalu klik resolusi video yang ingin dipakai sesuai kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com