Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Proyektor Portabel The Freestyle 2.0, Bisa Nonton di Mana Saja

Kompas.com - 26/11/2023, 13:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan proyektor portabel The Freestyle 2.0 di pasar Indonesia.

Penerus dari proyektor The Freestyle yang menyambangi Tanah Air pada Maret 2022 ini, membawa sejumlah fitur unggulan seperti layar proyeksi hingga 100 inci, tampilan Dynamic Color, audio 360 derajat, dan koneksi Wi-Fi untuk menonton di mana saja.

Bila dibandingkan dengan pendahulunya, The Freestyle 2.0 menghadirkan antarmuka (UI) yang 22 persen lebih cepat dan kecepatan peluncuran aplikasi 59 persen lebih baik.

Lampu proyektor yang menampilkan gambar bertahan 30.000 jam atau 50 persen lebih panjang, sedangkan kualitas speaker meningkat dua kali lipat.

Baca juga: Samsung Rilis Proyektor Portabel dengan Fitur Cloud Gaming

"Semua fitur yang dibutuhkan ada dalam satu perangkat portabel, yang bisa diproyeksikan ke berbagai permukaan dan tentunya mudah dibawa," kata Head of Product AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin dalam keterangan tertulis (25/11/2023).

The Freestyle 2.0 memiliki bentuk portabel dengan bidang proyeksi layar 100 inci yang bisa diproyeksikan ke segala arah hingga 180 derajat. Penggunanya pun bisa menonton di mana saja, baik ketika membuat bioskop rumahan maupun nobar saat camping.

Proyektor portabel ini mampu menampilkan gambar dengan resolusi Full HD (1.080 x 1.920 piksel) dengan dukungan HDR10.

High Dynamic Range (HDR) merupakan teknologi yang dapat menghasilkan gambar dengan kontras yang baik antara area terang dan gelap. Dengan begitu, gambar dalam layar akan tampil lebih realistis sehingga meningkatkan pengalaman menonton pengguna.

Samsung meluncurkan proyektor portabel The Freestyle 2.0 di IndonesiaSamsung Electronics Indonesia Samsung meluncurkan proyektor portabel The Freestyle 2.0 di Indonesia
Proyektor Samsung ini turut dibekali oleh fitur "Smart Calibration" yang akan melakukan kalibrasi kualitas gambar secara otomatis, ketika pengguna menampilkan gambar pada dinding yang tidak berwarna putih. Kualitas gambar diklaim akan tetap baik.

The Freestyle 2.0 memiliki fitur "Auto Keystone" untuk membuat tampilan auto focus, yang memastikan gambar tetap tajam dan jernih saat ditonton dari berbagai sudut. Fitur ini juga melakukan auto leveling untuk menyesuaikan proyeksi gambar ke bidang yang tidak rata.

Penyesuaian layar ini diklaim sederhana berkat adanya fitur "Instant Setup". Pengaturan dapat dilakukan juga dengan menghubungkan smartphone ke proyektor melalui aplikasi SmartThings, yang bisa digunakan sebagai remote.

Baca juga: Cara Membuat HP Menjadi Proyektor

SmartThings merupakan software bikinan Samsung, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol peralatan elektronik yang kompatibel, langsung dari smartphone atau tablet.

Mode perintah suara Bixby juga bisa diaktifkan lewat remote Samsung SolarCell yang tersedia. Asisten suara tersebut bisa diperintahkan untuk menjalankan aplikasi, mengatur volume, memainkan musik, dan lain sebagainya.

Proyektor portabel Samsung The Freestyle 2.0 memiliki fitur Auto Keystone untuk membuat gambar tetap tajam saat ditonton dari berbagai sudut, dan menyesuaikan proyeksi gambar dengan bidang yang tidak rataSamsung Electronics Indonesia Proyektor portabel Samsung The Freestyle 2.0 memiliki fitur Auto Keystone untuk membuat gambar tetap tajam saat ditonton dari berbagai sudut, dan menyesuaikan proyeksi gambar dengan bidang yang tidak rata
Fitur lainnya, The Freestyle 2.0 menghadirkan "Premium 360 Sound" yang diklaim menghasilkan audio kualitas premium ke segala arah, serta opsi mengkhususkan output suara stereo kiri dan kanan ke setiap perangkat untuk menciptakan pengalaman yang lebih hidup.

Proyektor anyar ini turut mendukung Game Mode dengan kualitas gambar yang dioptimalkan dan latensi rendah, koneksi Wi-Fi untuk membuka layanan streaming, YouTube, atau browsing internet, serta fitur "Tap View" untuk menampilkan video dari smartphone.

Baca juga: Samsung Rilis Proyektor Mini dengan Fitur Smart TV, Bisa Dipesan di Indonesia

Caranya, pengguna mesti menyalakan The Freestyle 2.0 dan aplikasi SmartThings di smartphone, membuka konten yang ditonton, kemudian menempelkan smartphone di tubuh proyektor tersebut.

The Freestyle 2.0 bisa dibeli di Indonesia mulai hari ini, 26 November 2023, dengan harga Rp 11.999.000 lewat tautan berikut. Sebagai perbandingan, proyektor portabel The Freestyle generasi sebelumnya dijual seharga Rp 14,9 juta pada peluncurannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com