Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toge Productions Akuisisi Mojiken Studio, Pengembang Game "A Space for the Unbound"

Kompas.com - 24/11/2023, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang sekaligus penerbit game, Toge Productions, mengakuisisi pengembang game asal Surabaya, Mojiken Studio. Kabar akuisisi ini diumumkan melalui media sosial X Twitter kedua perusahaan.

Kendati demikian, kedua perusahaan tidak mengungkap nilai akuisisi tersebut. Hubungan Toge Productions dan Mojiken Studio sebenarnya sudah terjalin sejak 2017 lalu.

Saat itu, Toge Productions mengucurkan dana segar pada Mojiken Studio untuk mengembangkan bisnis. Toge Production kemudian memegang sejumlah saham minoritas Mojiken. Kini, kedua developer lokal ini menjadi lebih dekat karena akuisisi yang dilakukan Toge Productions.

"Setelah bertahun-tahun bekerja sama, kami gembira untuk mengumumkan bahwa Mojiken Studio telah diakuisisi, dan secara resmi telah menjadi bagian dari Toge Productions," tulis Toge Productions lewat media sosial X (dahulu Twitter).

"Tim kami sekarang bertumbuh makin besar, dan kami siap untuk membuat (dan merilis) lebih banyak game di dunia," sebagaimana dikutip KompasTekno dari akun X Toge Production dengan handle @togeproductions, Jumat (24/11/2023).

Dalam posting yang terpisah, Mojiken juga mengumumkan berita akuisisi tersebut. Mojiken menjelaskan bahwa perjalanan keduanya sebagai developer dan penerbit telah dibangun berdasarkan kepercayaan satu sama lain.

Baca juga: Mencoba Whisper Mountain Outbreak, Game Multiplayer Pertama Bikinan Toge Productions

"Perjalanan kami sebagai developer dan penerbit dibangun berdasarkan rasa saling percaya, nilai-nilai bersama, dan kerja sama tim yang dinamis. Mari kita ciptakan lebih banyak game! @togeproductions," tulis akun dengan handle @MojikenStudio.

Meski menjadi bagian dari Toge Productions, Mojiken Studio akan tetap mempertahankan nama "Mojiken" sebagai brand.

Adapun Toge Productions merupakan studio game yang berpusat di Tangerang. Studio ini dikenal luas karena sejumlah game bikinannya, seperti seri Infectonator dan Coffee Talk.

Sementara Mojiken yang berasal dari Surabaya, merupakan "otak" di balik game A Space for the Unbound, yang mendapatkan nominasi "Games for Impact" di acara penghargaan prestisius The Game Awards 2023.

Nominasi diberikan untuk deretan game yang berhasil menggugah pikiran dengan makna atau pesan pro-sosial.

Duo developer Indonesia ini memang sudah memiliki hubungan kerja sama yang panjang. Mengambil contoh A Space for the Unbound, game ini digarap oleh Mojiken dan diterbitkan oleh Toge Productions.

Selain game bertema supernatural tersebut, keduanya bekerja sama untuk game pendek Banyu Lintar Angin - Little Storm - (2018), A Raven Monologue (2018), Ultra Space Battle Brawl (2018), She and the Light Bearer (2019), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mojiken Studios Borong 4 Penghargaan Indonesia Game Awards di IGDX 2023

Adapun saat ini Toge Productions sedang mengembangkan dua game terbaru, yakni game robot Kriegsfront Tactics dan game multiplayer zombi Whisper Mountain Outbreak.

Sementara itu, Mojiken belum mengumumkan game terbaru yang sedang dikembangkan. Namun, diketahui bahwa pada tahun 2023 ini, mereka meluncurkan game Tails & Trails dan Test Test Test yang bisa diunduh secara gratis.

Yang perlu dicatat, kedua game ini bersifat prototipe saja dan belum tentu dikembangkan lebih lanjut menjadi game komersial yang utuh, seperti A Space for the Unbound.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com