Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Story Instagram Buram? Begini Cara Mengatasinya biar Konten Tetap Bagus

Kompas.com - 30/11/2023, 14:32 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkan konten Story Instagram Anda buram atau pecah? Hal ini biasa dialami oleh beberapa pengguna. Instagram Story yang pecah atau sedikit buram tentu akan mempengaruhi kualitas konten yang diunggah.

Untuk sebagian kreator hal ini tentu menjadi masalah karena mempengaruhi keterlibatan pengguna. Penyebab Story Instagram buram ini biasanya dipengaruhi berbagai hal.

Mulai dari pengaturan kamera ponsel, pengambilan sudut perekaman yang kurang pas, atau konektivitas internet. Untuk membantu Anda mengunggah story Instagram dengan baik, selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Shared List Hadir di Indonesia, Bagikan IGS ke Banyak Circle

Cek konektivitas internet terlebih dahulu

Salah satu langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek konektivitas internet. Bisa jadi jaringan internet dari ponsel Anda memang tak cukup maksimal mengunggah konten dengan optimal. Sebaiknya menggantinya dengan jaringan WiFi atau menunggu hingga jaringan ponsel kembali normal.

Ubah pengaturan Instagram dengan kualitas tinggi

Anda bisa mencoba mengubah pengaturan unggaha konten dengan kualitas terbaik. Bisa jadi hal ini membantu untuk meningkatkan kualitas konten yang diunggah. Berikut ini caranya:

  • Buka menu tiga garis vertikal di pojok kanan atas
  • Gulir ke bawah dan pilih “Penggunaan data dan kualitas media”
  • Geser toggle bagian “Unggah dalam kualitas tinggi”

Memperbarui aplikasi

Masalah ini memang jarang dialami pengguna. Namun bagi Anda yang sempat mengalami hal ini, cobalah untuk melakukan pembaruan aplikasi. Story IG yang buram bisa jadi dikarenakan aplikasi mengalami bug yang mana bisa diatasi dengan memperbarui aplikasi di Google Play Store atau App Store.

Cek pengaturan kamera

Masalah ini tak hanya datang dari aplikasi Instagram. Bisa jadi Story Instagram yang buram dikarenakan pengaturan sejak awal kamera Anda yang kurang maksimal. Cobalah untuk merekam atau memotret ulang dan pastikan pengaturan kamera sudah berada di mode maksimal.

Bagi pengguna ponsel Android pengaturan gambar kualitas tinggi bisa cek pada kamera, pilih menu pojok kanan atas, pilih “Setelan” dan pada menu kualitas gambar pilih “Tinggi”

Bagi pengguna ponsel iPhone, begini caranya

  • Masuk ke menu “Setelan”
  • Gulir ke bawah dan pilih “Camera”
  • Pada bagian “Formats” atur kualitas gambar dan perekaman ke mode lebih tinggi
  • Selanjutnya kembali untuk merekam kembali

Baca juga: 3 Trik Mengetahui Akun Instagram Kita Di-Mute Orang Lain

Manfaatkan aplikasi edit foto atau video

Saat ini menjamur berbagai aplikasi edit foto dan video yang membantu membuat video atau foto Anda memiliki kualitas terbaik. Salah satunya aplikasi CapCut. Pengguna bisa mengubah resolusi video di aplikasi CapCut hingga 4K.

Bahkan video yang kurang stabil bisa diatur lebih baik dengan mengikuti tutorial berikut ini “Cara Menstabilkan Video di CapCut agar Tidak Goyang”. Demikian cara membuat video Instagram Story tidak pecah atau buram. Selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com