Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Shared List Instagram, Bagikan IG Stories ke "Circle" Lain di Luar Close Friends

Kompas.com - 13/11/2023, 14:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Instagram kini memiliki lebih banyak opsi untuk membagikan konten Instagram Stories (IG Stories/IGS), di luar publik atau Close Friends. Hal itu dimungkinkan berkat kehadiran fitur baru "Shared List".

Dengan fitur baru Shared List ini, pengguna bisa membagikan Instagram Stories ke beberapa kelompok pertemanan, atau anak zaman sekarang menyebutnya "circle" pertemanan yang berbeda-beda.

Misalnya, pengguna membuat Shared List bernama "Foodies" untuk circle pertemanan yang sering makan bersama, "BTS-Army" untuk circle pertemanan sesama penggemar grup band BTS, daftar "K-drama" untuk circle pecinta drama Korea, dan daftar lainnya sesuai keinginan.

Seperti fitur Close Friends, konten yang dibagikan di Shared List ini eksklusif hanya bisa dilihat oleh anggota circle saja. Fitur Shared List Instagram ini sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia lewat aplikasi Instagram versi 308.0.0.36.109 di ponsel Android.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Shared List Hadir di Indonesia, Bagikan IGS ke Banyak Circle

Cara buat Shared List Instagram

Bila sudah kebagian fitur baru ini, berikut cara membuat fitur baru Shared List Instagram untuk banyak circle pertemanan di IG.

cara membuat fitur baru Shared List Instagram untuk banyak circle pertemanan di Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto cara membuat fitur baru Shared List Instagram untuk banyak circle pertemanan di Instagram.

  • Buka Instagram Stories
  • Pilih konten video/foto yang ingin dibagikan
  • Klik "Shared Lists" di bawah layar
  • Pilih "Create your first shared list" untuk membuat lis baru Masukkan nama Shared List
  • Lalu, klik "Next"
  • Pilih pengguna yang ingin ditambahkan ke lis
  • Klik "Create shared list"

Lakukan langkah yang sama untuk membuat Shared List lainnya. Pengguna tinggal mengeklik salah satu Shared List ketika ingin membagikan Instagram Stories khusus untuk circle pertemanan tertentu.

Tampilan konten yang dibagikan khusus lewat fitur baru Shared List Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan konten yang dibagikan khusus lewat fitur baru Shared List Instagram.
Setiap konten yang dibagikan lewat Shared List akan memiliki penanda bendera biru dengan nama Shared List di pojok kanan atas. Ketika diklik, pengguna akan melihat Instagram Stories dari pengguna lain yang dibagikan khusus untuk Shared List tersebut.

Pengguna juga bisa menambahkan konten lain dengan klik "Add story". Atau pengguna bisa melihat, menambahkan, atau menghapus member dengan klik "See members".

Baca juga: 2 Cara Dapat Centang Biru Instagram secara Gratis dan Berbayar

Beda Shared List dengan Close Friends

Ilustrasi Instagram Stories dengan warna cincin yang beragam, yakno biru untuk fitur Shared List, warna hijau untuk fitur Close Friends, dan gradasi ungu-kuning untuk publik.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi Instagram Stories dengan warna cincin yang beragam, yakno biru untuk fitur Shared List, warna hijau untuk fitur Close Friends, dan gradasi ungu-kuning untuk publik.
Walau mirip, fitur baru Shared List ini berbeda dengan fitur Close Friends Instagram. Perbedaan pertama terletak di kuantitas daftar. Pengguna hanya bisa membuat satu daftar Close Friends. Sementara dengan Shared List, pengguna bisa membuat lebih dari lima daftar.

Perbedaan kedua adalah soal transparansi anggota dalam lis. Seluruh pengguna yang dimasukkan ke dalam Shared List bisa melihat anggota lain dalam lis. Tak hanya itu, setiap pengguna dalam lis juga bisa menambahkan pengguna lain untuk masuk dalam Shared List, meski Shared List dibuat oleh pengguna lain.

Dalam keterangan cara kerja Shared List yang dibagikan Instagram seperti gambar di atas, setiap pengguna yang ada di dalam Shared List juga diberikan hak untuk keluar dari lis kapanpun mereka mau.

Hal ini berbeda dengan Close Friends di mana hanya pengguna yang membuat daftar yang bisa menambahkan dan melihat siapa saja orang dalam lis Close Friends.

Ketiga, warna lingkaran Instagram Stories juga berbeda. Konten yang dibagikan lewat fitur Shared List akan memiliki lingkaran berwarna biru. Sebagai perbandingan, konten yang dibagikan secara publik akan berwarna gradasi ungu-kuning, sedangkan yang dibagikan lewat Close Friends berwarna hijau.

Perbedaan Shared List Instagram Close Friends Instagram
Warna lingkaran Biru Hijau
Jumlah daftar >5 Hanya 1
Transparansi anggota Bisa dilihat oleh semua anggota Hanya pemilik daftar
Hak anggota Seluruh anggota bisa menambah dan menghapus anggota dari daftar. Seluruh anggota bisa keluar kapan saja dari daftar Shared List. Tidak punya hak. Hanya pemilik daftar Close Friends yang bisa menambah/menghapus orang dalam daftar. Pun, pengguna tidak bisa menghapus dirinya sendiri dari daftar Close Friends pengguna lain.

 Baca juga: 3 Trik Mengetahui Akun Instagram Kita Di-Mute Orang Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com