Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Tab Direct Message Umum dan Utama di Instagram

Kompas.com - 18/11/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram memiliki tab Direct Message atau pesan yang memungkinkan antar-pengikut berinteraksi mengirim pesan. Bahkan pengguna yang belum saling mengikuti pun dapat mengirim pesan via fitur Direct Message.

Dalam Direct Message Instagram pun terdapat beberapa kategori, seperti Utama, Umum, Saluran, dan Permintaan. Pada kanal Saluran biasanya berisi direct message khusus dari saluran atau channel yang diikuti pengguna.

Sedangkan kategori “Permintaan/Request” berisi pesan yang akan masuk dan menunggu persetujuan Anda. Lantas apa kategori DM umum dan utama? Meskipun terlihat sekilas sama, keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Kenapa Postingan Instagram Hilang Tiba-tiba? Begini Penjelasannya

Tab DM Utama

Tab Direct Message Utama biasanya terletak pada bagian paling kiri sehingga pengguna lebih mudah menjangkau pesannya. Instagram memberikan kategori ini agar memudahkan pengguna mengklasifikasikan pesan prioritas.

Pesan prioritas ini yang umumnya bersifat urgent, khusus, atau yang sifatnya mendesak. Hal ini memungkinkan pengguna agar dapat menjangkau pesan tersebut dengan mudah dan cepat dibalas. Maka dari itu dari segi penempatan, tab ini berada paling kiri dan mudah terjangkau.

Tab DM Umum

Tab Direct Message Umum sebenarnya juga memudahkan pengguna mengklasifikasi jenis pesannya. Pada tab ini umumnya pesan bersifat kurang urgent alias tidak terlalu penting. Artinya pesan tersebut tidak harus dibalas secepatnya.

Pengguna juga bisa memanfaatkan tab umum ini untuk menerima pesan dari pengguna yang tidak dikenal. Ini berguna agar pesan umum yang tidak bersifat urgent atau prioritas tidak menumpuk di pesan utama.

Tab pesan ini bermanfaat bagi pengguna agar pesan lebih rapi dan sesuai kategori. Terlebih lagi bagi kreator konten atau akun bisnis yang sering sekali berinteraksi lewat pesan langsung Instagram.

Cara memindahkan pesan umum ke utama

Ilustrasi pindahkan dm instagramKompas.com/soffyaranti Ilustrasi pindahkan dm instagram

Saat menerima permintaan pesan dari tab “request” umumnya pengguna akan dihadapkan pada pop up, apakah pesan masuk kategori utama atau umum. Selain itu pengguna juga bisa memindahkan pesan umum ke utama maupun sebaliknya. Begini caranya.

  • Buka pesan Instagram Anda
  • Buka bagian tab “Umum”
  • Klik tanda tiga di pojok kanan atas
  • Klik “Pilih obrolan”
  • Nantinya Anda bisa mengklik “Utama”
  • Pesan pun akan berpindah ke kanal “Umum”
  • Begitu juga sebaliknya, cara ini bisa dilakukan apabila pengguna ingin memindahkan pesan ke kanal utama ke umum

Baca juga: 3 Trik Mengetahui Akun Instagram Kita Di-Mute Orang Lain

Itulah ulasan mengenai perbedaan tab Direct Message umum dan utama di Instagram. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com