Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Melihat Lagu Teratas atau Top Song di Spotify Wrapped 2023 dengan Mudah

Kompas.com - 01/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Spotify Wrapped 2023 sekarang sudah bisa dijajal pengguna. Untuk diketahui, Spotify Wrapped 2023 merupakan fitur rangkuman atau kilas balik aktivitas pengguna dalam menggunakan aplikasi Spotify sepanjang tahun.

Setiap tahun, Spotify rutin merilis Spotify Wrapped. Ada banyak rangkuman menarik yang bisa dilihat di Spotify Wrapped 2023. Salah satunya yang ditunggu-tunggu adalah rangkuman musik favorit atau lagu teratas yang sering diputar pengguna.

Baca juga: Ramai Game Eat This Playlist Spotify, Mirip Game Snakes tapi Makanannya “Lagu”

Di Spotify Wrapped 2023, rangkuman lagu teratas itu masuk dalam kategori Top Song. Lewat Top Song, pengguna bisa melihat lagu-lagu yang sering diputarnya di aplikasi Spotify sepanjang tahun ini.

Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin mengetahui cara melihat lagu teratas di Spotify Wrapped 2023. Lantas, bagaimana cara melihat lagu teratas di Spotify Wrapped 2023? Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara melihat lagu teratas di Spotify Wrapped 2023

Cara melihat Top Song di Spotify Wrapped 2023 itu cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua cara melihat Top Song di Spotify Wrapped 2023 yang bisa dilakukan pengguna. Pertama, pengguna bisa melihatnya melalui menu Spotify Wrapped 2023.

Kedua, pengguna dapat melihat lagu teratasi melalui Story Spotify Wrapped 2023. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai masing-masing cara melihat lagu teratas di Spotify Wrapped 2023 adalah sebagai berikut.

1. Melihat Top Song melalui menu Spotify Wrapped 2023

  • Buka aplikasi Spotify di HP. Pastikan telah menggunakan aplikasi Spotify versi terbaru.
  • Selanjutnya, pada halaman Home klik menu “Your 2023 Wrapped”.
  • Kemudian, pilih menu “Your Top Song”.
  • Setelah itu, bakal muncul playlist berisi semua lagu favorit yang sering didengarkan pengguna sepanjang tahun 2023 ini.

Ilustrasi cara melihat Top Song di Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat Top Song di Spotify Wrapped 2023.

Baca juga: Ramai Playlist Spotify dari Zodiak, Begini Cara Membuatnya via Zodiac Affinity

2. Melihat lagu teratas melalui Story Spotify Wrapped 2023

  • Buka aplikasi Spotify di HP. Pastikan telah menggunakan aplikasi Spotify versi terbaru.
  • Selanjutnya, pada halaman Home klik menu “Your 2023 Wrapped” dan pilih opsi “Your Wrapped”.
    Ilustrasi cara melihat Top Song di Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat Top Song di Spotify Wrapped 2023.
  • Setelah itu, bakal muncul kumpulan animasi singkat mirip Instagram Story yang memuat rangkuman aktivitas pengguna dalam memakai Spotify sepanjang tahun seperti tertera pada gambar di atas.
  • Di Story Spotify Wrapped 2023 itu, pengguna dapat menggeser Spotify Wrapped 2023 untuk beralih dari satu konten ke konten lainnya.
  • Untuk melihat daftar lagu teratas, silakan geser Story Spotify Wrapped 2023 hingga menemukan tayangan berjudul “Your top songs”.
  • Pada tayangan tersebut, pengguna bakal disajikan dengan daftar lima lagu teratas yang sering didengarkan sepanjang 2023.
  • Setelah daftar lima lagu teratas ditampilkan, pengguna bisa membagikannya ke media sosial dengan klik opsi “Share this story”.
    Ilustrasi cara melihat lagu teratas di Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat lagu teratas di Spotify Wrapped 2023.

Cukup mudah bukan cara melihat Top Song di Spotify Wrapped 2023? Untuk diketahui, daftar lagu teratas di Spotify Wrapped 2023 ini bisa diakses oleh semua pengguna, baik pengguna dengan akun gratis maupun pengguna dengan akun berbayar atau premium.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat lagu teratas di Spotify Wrapped 2023 dengan mudah. Selain rangkuman daftar lagu teratas, masih banyak lagi fitur rangkuman yang disediakan Spotify Wrapped 2023.

Di Spotify Wrapped 2023, terdapat juga daftar “Your Top Artist” yang berisi rangkuman artis teratas yang sering didengar. Selanjutnya, ada pula rangkuman total waktu yang dihabiskan pengguna untuk mendengarkan konten di Spotify.

Pengguna juga bisa melihat rangkuman karakter dalam kebiasan mendengarkan musik di Spotify Wrapped 2023. Terdapat 12 karakter yang menggambarkan kebiasaan pengguna dalam mendengarkan musik di Spotify.

Baca juga: Viral di TikTok, Ini Cara Bikin Spotify N Gen buat Tampilkan 10 Musik Favorit

Secara umum, daftar rangkuman yang termuat di Spotify Wrapped 2023 mirip dengan tahun sebelumnya. Namun, Spotify Wrapped 2023 menyajikan beberapa fitur yang lebih interaktif ke pengguna.

Di Spotify Wrapped 2023, pengguna bisa memberikan ucapan terima kasih untuk artis favorit yang sering didengarkan. Kemudian, Spotify Wrapped 2023 juga akan menampilkan pesan dari artis favorit pengguna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com