Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Istilah Internet dan Ethernet dalam Jaringan Komputer

Kompas.com - 02/12/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.comInternet dan ethernet adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia komputer dan jaringan. Umumnya keduanya sering dikaitkan satu sama lain, namun internet dan ethernet tetap memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Internet sendiri adalah jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan komputer dan perangkat lainnya di seluruh dunia. Internet memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi, berkomunikasi, dan mengakses berbagai layanan.

Ethernet adalah standar jaringan komputer yang menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer dan perangkat lainnya. Ethernet dapat digunakan untuk membentuk jaringan lokal (LAN), jaringan metropolitan (MAN), atau jaringan luas (WAN).

Untuk mengulas lebih lanjut mengenai internet dan ethernet, selengkapnya berikut ini ulasan mengenai perbedaan Internet dan Ethernet.

Baca juga: Macam-macam Perangkat Output Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

Internet

Dilansir dari laman Educba, internet merupakan jaringan besar dari komputer yang terhubung di seluruh dunia. Ini memungkinkan pengguna mengirim dan menerima informasi dengan cepat menggunakan protokol TCP/IP.

Internet diibaratkan sebagai jalan raya digital yang memungkinkan kita mengakses berbagai layanan, seperti berbagi file, menjelajahi World Wide Web, dan mengirim email dengan cepat.
Internet muncul pertama kali pada tahun 1960 yang diprakarsai oleh model kerja pertama yang dikenal sebagai ARPANET (Advanced Research Projects Agency).

Ini memungkinkan sejumlah besar komputer untuk bekerja dalam satu jaringan, menjadi pencapaian terbesar pada saat itu.

ARPANET menggunakan metode packet switching untuk mengkomunikasikan beberapa sistem komputer dalam satu jaringan. Pada bulan Oktober 1969, melalui ARPANET, pesan pertama ditransfer dari satu komputer ke komputer lainnya. Setelah itu, teknologi terus berkembang.

Internet diatur dengan bantuan kabel transmisi data serat optik fisik atau kabel tembaga dan berbagai media jaringan lainnya seperti LAN, WAN, MAN, dll. Untuk mengakses Internet bahkan layanan 2G, 3G, dan 4G serta Wifi maka memerlukan ini pengaturan kabel fisik untuk mengakses Internet.

Internet sangat penting di berbagai bidang, termasuk industri dan pendidikan. Ini membantu kita mendapatkan informasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan menjalankan banyak aspek kehidupan sehari-hari kita.

Saa ini Internet menjadi salah satu jaringan utama dan pentingi untuk membantu aktivitas sehari-hari.

 

Ethernet

Ethernet adalah sebuah teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan area lokal (LAN). Ethernet menggunakan metode transmisi baseband yang mengirim sinyalnya secara serial 1 bit pada satu waktu.

Ethernet pertama kali dikembangkan oleh Xerox pada tahun 1973. Pada tahun 1980, Ethernet dibakukan oleh IEEE sebagai IEEE 802.3. Ethernet telah menjadi teknologi jaringan yang paling populer di dunia, dan digunakan di berbagai tempat, seperti kantor, sekolah, rumah, dan tempat umum lainnya.

Fungsi Ethernet adalah untuk menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan LAN, sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling berkomunikasi dan berbagi data. Ethernet dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat, seperti komputer, printer, scanner, kamera, dan perangkat lainnya.

Baca juga: Pengertian LAN, MAN, WAN dan Perbedaannya

Perbedaan utama Internet dan Ethernet

Simak perbedaan utama Internet dan Ethernet berikut ini:

Internet

Internet seperti jaringan raksasa komputer di seluruh dunia yang bisa terhubung satu sama lain. Bayangkan seperti jalan raya digital yang menghubungkan komputer dari mana-mana. Contoh besar dari internet itu seperti Wide Area Network (WAN).

Ethernet

Ethernet lebih kecil, seperti jalan raya di satu wilayah. Ini digunakan untuk menghubungkan komputer dalam satu tempat, seperti di rumah atau kantor. Contohnya adalah Local Area Network (LAN).

Selain itu dari segi keamanan, Ethernet lebih aman karena biasanya hanya terhubung ke komputer dalam satu tempat. Internet lebih terbuka, yang bisa membuatnya lebih rentan terhadap masalah keamanan.

Untuk lebih ringkasnya, selengkapnya berikut tabel perbedaan Internet dan Ethernet dalam tabel 

Ethernet Internet
Ethernet, di sisi lain, beroperasi menggunakan protokol seperti Ethernet II dan IEEE 802.3. Ini dirancang untuk memfasilitasi transfer data yang efisien dalam Jaringan Area Lokal. Protokol yang paling dikenal yang terhubung dengan Internet disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 
Internet memiliki kecepatan yang bervariasi, mulai dari 128 kbps hingga 100 Gbps. Kecepatan Internet tergantung pada penyedia layanan Internet (ISP) dan paket berlangganan yang dipilih. Ethernet memiliki kecepatan yang bervariasi, mulai dari 10 Mbps hingga 100 Gbps. Kecepatan Ethernet tergantung pada jenis kabel atau nirkabel yang digunakan.
Dari segi keamanan internet relatif aman, karena menggunakan berbagai metode enkripsi untuk melindungi data. Namun, Internet juga dapat menjadi tidak aman, jika pengguna tidak berhati-hati dalam menggunakan Internet.  Keamanan Ethernet bergantung pada keamanan jaringan LAN.
Internet menggunakan model arsitektur client-server dan peer-to-peer. Perangkat yang terhubung ke Internet menerima alamat IP unik yang memungkinkan mereka berkomunikasi satu sama lain.  Ethernet menggunakan model komunikasi peer-to-peer di dalam suatu jaringan lokal. Perangkat dalam jaringan terhubung melalui kabel fisik atau nirkabel dan berkomunikasi menggunakan protokol Ethernet.
Data dikirim dalam bentuk paket-paket yang diarahkan melalui berbagai jaringan dan perangkat oleh router. Data dikemas dalam bentuk frame dan ditransmisikan melalui kabel ke perangkat lain di dalam jaringan.

Baca juga: Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Dengan demikian, internet beroperasi di tingkat yang lebih tinggi, menghubungkan jaringan-jaringan global, sedangkan ethernet lebih fokus pada transfer data di dalam suatu jaringan lokal menggunakan kabel atau nirkabel. Itulah perbedaan istilah jaringan internet dan ethernet.  Semoga bermanfaat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com