Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat E-mail di HP dan Komputer dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 29/10/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui langkah-langkah untuk membuat e-mail atau surel (surat elektronik). Di masa sekarang ini, e-mail masih digunakan untuk membantu beberapa pekerjaan pengguna, terutama dalam berkomunikasi.

Fungsi e-mail untuk berkomunikasi itu contohnya, seperti mengirim surat formal, menyebarkan pengumuman, dan memasarkan produk. Dengan adanya fungsi-fungsi yang cukup penting itu, pengguna perlu untuk belajar mengoperasikan e-mail.

Baca juga: 2 Cara Melihat Sandi E-mail yang Lupa dengan Mudah di HP dan Laptop

Tak semua pengguna telah memahami cara mengoperasikan e-mail. Dalam mengoperasikan e-mail, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami dulu. Salah satunya adalah langkah-langkah membuat surel atau alamat e-mail.

Pengguna perlu memiliki alamat e-mail atau akun e-mail sebelum bisa mengoperasikan dan mengirim e-mail ke pengguna lain. Tanpa alamat e-mail, pengguna tak akan bisa mengirim pesan surel ke pengguna lain.

Lantas, bagaimana langkah-langkah untuk membuat e-mail? Jika tengah belajar mengoperasikan e-mail dan belum tahu langkah membuat akun, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai cara membuat e-mail.

Langkah-langkah untuk membuat e-mail

Perlu diketahui, dalam layanan e-mail, setiap pengguna wajib memiliki akun atau alamat e-mail. Susunan alamat e-mail biasanya terdiri dari dua bagian yang dipisah dengan simbol “@”. Misalnya, “rahmat@gmail.com”.

Teks yang berada di bagian kiri dari simbol “@” adalah identitas pengguna sebagai pemilik alamat e-mail. Kemudian, bagian kanannya merupakan nama atau domain dari penyedia layanan e-mail.

Alamat e-mail itu bisa dibuat oleh pengguna di berbagai penyedia layanan e-mail melalui HP (handphone) ataupun komputer. Adapun penjelasan masing-masing cara membuat e-mail di HP dan komputer dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut:

1. Cara membuat e-mail di HP

  • Buka aplikasi penyedia layanan e-mail di HP. Misalnya, aplikasi Gmail.
  • Kemudian, pada halaman awal aplikasi, pilih opsi “Create Account”.
  • Setelah itu, masukkan beberapa data diri seperti nama dan tanggal lahir.
  • Berikutnya, pengguna diminta untuk membuat alamat e-mail dengan nama identitas sesuai keinginan.
  • Lalu, pengguna bakal diminta untuk membuat password dari alamat e-mail tersebut.
  • Setelah password ditambahkan, pengguna kini dapat menggunakan alamat e-mail itu untuk mengakses layanan e-mail di aplikasi e-mail.

Ilustrasi cara membuat e-mail di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat e-mail di HP.

2. Langkah-langkah membuat e-mail di komputer

  • Buka website penyedia layanan e-mail melalui browser di komputer atau laptop. Misalnya, website Gmail yang beralamatkan di mail.google.com.
  • Selanjutnya, pengguna bisa mulai untuk membuat alamat e-mail. Proses pembuatan alamat e-mail antara di komputer dan HP itu cukup mirip.
  • Pada halaman awal website, pengguna bisa klik opsi “Create Account”.
  • Setelah itu, masukkan beberapa data diri seperti nama dan tanggal lahir.
  • Berikutnya, pengguna diminta untuk membuat alamat e-mail dengan nama identitas sesuai keinginan.
  • Lalu, pengguna bakal diminta untuk membuat password dari alamat e-mail tersebut.
  • Setelah password ditambahkan, pengguna kini dapat menggunakan alamat e-mail itu untuk mengakses layanan e-mail melalui website penyedia layanan e-mail.

Cukup mudah bukan cara membuat e-mail di komputer dan HP? Dengan cara di atas, pengguna bisa mendapatkan alamat e-mail secara mudah. Kemudian, alamat e-mail itu dapat dipakai mengakses layanan e-mail untuk berbagai fungsi.

Baca juga: Cara Hapus Semua E-mail Gmail Sekaligus dengan Cepat dan Mudah

Lantas, sebenarnya apa fungsi e-mail dalam kehidupan sehari-hari? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, tak ada salahnya menyimak juga penjelasan di bawah ini mengenai fungsi e-mail dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi e-mail

E-mail memiliki fungsi yang dapat membantu beragam pekerjaan pengguna, terutama dalam hal berkomunikasi. Dikutip dari Tech Target, adapun beberapa fungsi e-mail dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Berkomunikasi

E-mail dapat digunakan pengguna individu atau grup untuk berkomunikasi melalui pesan teks. E-mail memungkinkan antar pengguna dengan mudah saling mengirim dan menerima pesan kapan pun dan di mana pun.

2. Mengirim dan menerima file

Selain pesan teks, e-mail juga dapat digunakan untuk mengirim berbagai jenis file. Pengguna bisa memakai e-mail untuk mengirim dan menerima dokumen, gambar, tautan, dan file lainnya.

3. Mengirim pengumuman penting

Fungsi e-mail yang berikutnya adalah dapat dimanfaatkan untuk mengirim pengumuman penting. Pengguna dapat mengirim pengumuman penting seperti undangan rapat atau penyelenggaraan acara, ke banyak orang sekaligus melalui e-mail.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com