Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah-langkah Membalas Surel atau E-mail di HP dan Komputer, Mudah

Kompas.com - 29/10/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Langkah-langkah membalas e-mail kiranya penting untuk diketahui pengguna. E-mail atau surat elektronik (surel) telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan pekerjaan pengguna saat ini.

Meski telah banyak platform perpesanan lain, e-mail kini masih eksis dan tetap digunakan untuk menunjang beberapa pekerjaan pengguna, seperti mengirim surat formal, menyebarkan pengumuman, dan menjadi media untuk memasarkan produk.

Baca juga: 2 Cara Melihat Sandi E-mail yang Lupa dengan Mudah di HP dan Laptop

Dengan fungsi-fungsi itu, pengoperasian e-mail menjadi perlu untuk dipelajari dan dikuasai. Ada beberapa hal dasar yang perlu dipelajari ketika hendak menguasai pengoperasian e-mail. Salah satunya adalah langkah-langkah membalas surel.

Pengguna yang telah menguasai pengoperasian e-mail mungkin sudah tak membutuhkan lagi panduan tersebut. Akan tetapi, tak semua pengguna mengerti mengenai cara membalas e-mail atau surel.

Jika tengah belajar dan belum tahu cara membalas surel, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap langkah-langkah membalas surel. Lantas, bagaimana langkah-langkah membalas surel?

Langkah-langkah membalas e-mail

Cara membalas surel itu cukup mudah. Langkah-langkahnya bisa dilakukan melalui berbagai perangkat, baik HP (handphone) maupun komputer. Adapun penjelasan masing-masing cara membalas e-mail di kedua perangkat itu adalah sebagai berikut:

1. Cara membalas e-mail di komputer

  • Buka aplikasi browser di komputer dan buka website penyedia layanan e-mail sesuai dengan akun yang dimiliki. Misalnya, jika menggunakan akun Gmail maka kunjungi website Gmail.
  • Setelah berhasil masuk, silakan buka folder Inbox atau Kotak Masuk.
  • Pilih salah satu pesan dari pengguna lain di Kotak Masuk yang hendak dibalas.
    Ilustrasi langkah-langkah membalas e-mail di komputer.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi langkah-langkah membalas e-mail di komputer.
  • Kemudian, klik opsi “Reply” pada pesan itu.
  • Masukkan pesan balasan yang ingin dikirim.
  • Terakhir, klik opsi “Send” dan e-mail balasan akan dikirim ke pengguna lain.
    Ilustrasi cara membalas e-mail di komputer.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membalas e-mail di komputer.

2. Cara membalas e-mail di HP

  • Buka aplikasi e-mail di HP sesuai dengan akun yang dimiliki. Misalnya, jika menggunakan akun Gmail maka buka aplikasi Gmail di HP.
  • Login di aplikasi e-mail tersebut menggunakan akun yang terdaftar.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna bisa mulai membalas e-mail di HP.
  • Cara membalas e-mail di HP hampir sama dengan di komputer.
  • Pengguna mula-mula bisa membuka folder Kotak Masuk dan memilih salah satu pesan dari pengguna lain yang hendak dibalas.
  • Kemudian, klik opsi “Reply” pada pesan itu.
  • Masukkan pesan balasan yang ingin dikirim.
  • Terakhir, klik opsi “Send” dan e-mail balasan akan dikirim ke pengguna lain.
    Ilustrasi cara membalas e-mail di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membalas e-mail di HP.

Cukup mudah bukan cara membalas e-mail di HP dan komputer? Dengan penjelasan di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika hendak membalas e-mail dari pengguna lain yang diterimanya.

Baca juga: Cara Hapus Semua E-mail Gmail Sekaligus dengan Cepat dan Mudah

Penjelasan tersebut dapat mempermudah pengguna untuk menguasai pengoperasian e-mail. Demikianlah penjelasan seputar langkah-langkah mengirim e-mail, baik di HP maupun komputer.

Sebagai informasi tambahan, saat awal-awal belajar mengoperasikan e-mail, beberapa pengguna mungkin ada yang belum paham soal apa itu e-mail. Untuk melengkapi pemahaman, tak ada salahnya menyimak juga penjelasan apa itu e-mail di bawah ini.

Apa itu e-mail?

E-mail adalah sistem pengiriman pesan digital yang dilakukan dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan internet. E-mail mempermudah dan mempercepat proses pengiriman pesan untuk berbagai keperluan, baik pribadi maupun bisnis.

Semua pengguna dapat mengirim e-mail dari mana pun selama mereka memiliki perangkat yang mendukung dan koneksi internet. Setiap pengguna email memiliki alamat e-mail yang unik, yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan.

E-mail memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia secara instan. Dalam jenis komunikasi, e-mail termasuk dalam komunikasi tak langsung karena pesan dikirim dan diterima lewat perantara.

Proses pengiriman e-mail melibatkan server email, yang bertanggung jawab untuk mengirim, menerima, dan menyimpan pesan-pesan pengguna. Pertukaran e-mail dikelola dengan sistem protokol komunikasi antar komputer TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sistem protokol komunikasi itu dibangun dari beberapa protokol dasar, termasuk protokol Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) untuk mengirim e-mail dan protokol Post Office Protocol 3 (POP3) untuk menerima e-mail.

Dikutip dari Tech Target, selain protokol itu, ada pula protokol Internet Message Access Protocol (IMAP) yang dapat digunakan untuk menerima dan mengakses e-mail dari berbagai perangkat di mana pun.

Dengan protokol-protokol itu, pesan e-mail dapat diunduh dari server penyedia layanan e-mail dan ditampilkan pada perangkat pengguna. Pesan e-mail biasanya dienkode dalam format American Standard Code for Information Interchange (ASCII).

Baca juga: 3 Cara Melihat Alamat E-mail Google Sendiri Saat Lupa dengan Mudah di HP

Selain mengirim pesan dalam bentuk teks, saat ini, pengguna juga bisa mengirim e-mail yang berisi file non-teks, seperti gambar, foto, dokumen, dan audio. Demikianlah penjelasan soal apa itu e-mail, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com