Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honor X7b Meluncur, HP Rp 3 Jutaan dengan Kamera 108 MP

Kompas.com - 02/12/2023, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Honor, meluncurkan ponsel terbarunya yakni Honor X7b di pasar global, Sabtu (2/12/2023). Honor X7b mengunggulkan sektor kamera, kapasitas baterai, dan chipset yang digunakan.

Honor X7b dibekali kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 5 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.2). Deretan kamera ini dimuat dalam dua modul lingkaran di punggung Honor X7b dan ditemani oleh sebuah lampu LED flash.

Sementara itu, kamera selfie Honor X7b memiliki resolusi 8 MP (f/2.0). Kamera dimuat dalam modul berupa lubang (punch hole) di layar ponsel. Sebagai perbandingan, kamera utama Honor X7 versi "reguler" memiliki resolusi 48 MP, sedangkan kamera depannya juga 8 MP.

Honor X7b ditopang oleh baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh, yang diklaim bisa bertahan hingga 18 jam untuk menonton video, 24 jam untuk penelusuran media sosial, dan 69 jam untuk pemutaran (streaming) musik.

Jika habis, baterai dapat diisi kembali menggunakan adapter Honor SuperCharge yang mendukung pengisian berdaya 35 Watt. Adapter ini sudah termasuk dalam paket penjualan Honor X7b.

Di sektor hardware, smartphone terbaru Honor ini ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 680, sehingga mendukung konektivitas 4G, bukan 5G.

Baca juga: HP Honor 100 Series Meluncur, Versi Reguler Pakai Snapdragon 7 Gen 3

Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup empat unit Kryo 265 Gold (clockspeed 2,4 GHz) dan empat unit Kryo 265 Silver (clockspeed 1,9 GHz). Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno 610.

Honor X7b meluncur di pasar globalGizChina Honor X7b meluncur di pasar global
SoC Snapdragon 680 kemudian dipadankan dengan RAM 6 GB/8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB. Storage ini bisa diperluas lagi menggunakan slot microSD yang tersedia.

Honor X7b dibekali layar LCD datar (flat) seluas 6,8 inci dengan resolusi 1080p dan refresh rate 90 Hz.

Layar gawai ini juga sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland untuk cahaya biru yang rendah (low blue light). Low blue light sejatinya mengurangi emisi cahaya biru pada layar yang berbahaya, demi mencegah kelelahan mata.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan Honor X7b adalah Android 13, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MagicOS 7.2.

Fitur pendukungnya mencakup konektivitas 4G, port USB-C, pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol power (side-mounted), Bluetooth 5.0, GPS, speaker stereo, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ponsel Honor X50i Plus Meluncur, Varian Tertinggi dengan Dimensity 6080

Harga Honor X7b

Honor X7b tersedia di pasar global dalam varian warna Flowing Silver, Emerald Green, dan Midnight Black.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, harga Honor X7b adalah 249 dollar AS (sekitar Rp 3,8 juta), sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizChina, Sabtu (2/12/2023). Harga ini bisa berbeda-beda tergantung wilayah yang menjualnya.

Belum diketahui varian RAM dan storage apa yang dibanderol dengan harga itu. Honor tampaknya belum mengumbar daftar harga yang lengkap untuk Honor X7b.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com