Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Oppo Find N3, Smartphone Lipat yang "Tidak Biasa"

Kompas.com - 10/11/2023, 13:03 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find N3 merupakan smartphone dengan mekanisme lipatan ke dalam (inward) mirip "buku" pertama Oppo di Indonesia.

Oppo Find N3 bisa dibilang merupakan ponsel lipat yang "tidak biasa" karena punya ukuran normal saat dilipat seperti layaknya smartphone non-lipat, tidak tebal, dan dibekali spesifikasi yang tidak setengah-setengah khususnya pada sektor kamera.

Definisi ponsel lipat dengan metode lipatan inward sesungguhnya juga bisa disematkan untuk Oppo Find N3. Karena ponsel ini memiliki layar utama (Main Screen) dengan bekas lipatan (crease) yang nyaris tidak terlihat.

Dibilang nyaris karena bekas lipatan tersebut hanya akan bisa dilihat apabila diamati dengan seksama dari sudut tertentu, terutama apabila pengguna melihatnya di area dengan kondisi cahaya yang cukup terang.

Bahkan saking tak terlihatnya, kami terkadang tidak bisa menentukan di mana bagian tengah yang menumpu mekanisme lipatan ponsel ini, mengingat bentuk layar utama yang nyaris kotak.

Layar utama Oppo Find N3 ketika dibentangkan. Layar utama Oppo Find N3 sendiri memiliki panel AMOLED berukuran 7,82 inci dengan resolusi QXGA Plus (2.240 x 2.268 piksel). Layar ini juga memiliki tingkat kerapatan piksel 426 PPI, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.800 nit. Bekas lipatan di layar ponsel ini nyaris tidak terlihat dan terasa ketika diusap atau diraba.
Kompas.com/BILL CLINTEN Layar utama Oppo Find N3 ketika dibentangkan. Layar utama Oppo Find N3 sendiri memiliki panel AMOLED berukuran 7,82 inci dengan resolusi QXGA Plus (2.240 x 2.268 piksel). Layar ini juga memiliki tingkat kerapatan piksel 426 PPI, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.800 nit. Bekas lipatan di layar ponsel ini nyaris tidak terlihat dan terasa ketika diusap atau diraba.

Layar utama Oppo Find N3 sendiri memiliki panel AMOLED berukuran 7,82 inci dengan resolusi QXGA Plus (2.240 x 2.268 piksel). Layar ini juga memiliki tingkat kerapatan piksel 426 PPI, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.800 nit.

Kembali dengan bekas lipatan tadi, crease yang hampir tak tampak, juga layar yang luas dan terang, pengguna akan bisa menikmati beragam konten di Main Screen Oppo Find N3 dengan puas tanpa gangguan pada kondisi apapun.

Selain tak terlihat, crease di suksesor Oppo Find N2 ini juga nyaris tak terasa saat diusap. Dengan begitu, layar ponsel lipat tersebut bisa dibilang mirip seperti layar smartphone kebanyakan yang tidak dilipat, namun lebih besar dan luas saja.

Kendati demikian, lekukan akan bisa sedikit dirasakan pengguna apabila mereka mencoba mengusap bagian tengah layar Oppo Find N3 secara perlahan.

Layar depan Oppo Find N3 seperti ponsel normal

Ilustrasi bagian depan Oppo Find N3. Cover Screen Oppo Find N3 memiliki panel AMOLED dengan ukuranr 6,3 inci dan resolusi 2.484 x 1.116 piksel. Layar ini memiliki tingkat kerapatan piksel 431 PPI, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan 2.800 nit, sama seperti layar utama. 

Tampilan Cover Screen ponsel ini tidak jangkung dan memiliki bentuk seperti smartphone kebanyakan, lantaran memiliki rasio aspek 20:9.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi bagian depan Oppo Find N3. Cover Screen Oppo Find N3 memiliki panel AMOLED dengan ukuranr 6,3 inci dan resolusi 2.484 x 1.116 piksel. Layar ini memiliki tingkat kerapatan piksel 431 PPI, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan 2.800 nit, sama seperti layar utama. Tampilan Cover Screen ponsel ini tidak jangkung dan memiliki bentuk seperti smartphone kebanyakan, lantaran memiliki rasio aspek 20:9.

Hal menarik lain dari Oppo Find N3 adalah layar sekundernya (Cover Screen) yang tidak "jangkung" dan memiliki bentuk seperti smartphone kebanyakan, lantaran memiliki rasio aspek 20:9.

Bisa dibilang, layar ini merupakan bentuk layar yang cocok dan nyaman untuk menjadikan Oppo Find N3 smartphone kelas atas (flagship) pada umumnya ketika sedang dalam mode dilipat.

Disebut nyaman karena jika pengguna menjalankan berbagai aplikasi dalam layar penuh (full screen), tampilan aplikasi tidak akan peyang atau terpotong.

Hal ini bisa terjadi karena banyak aplikasi sudah disesuaikan dengan rasio aspek layar smartphone saat ini, seperti 19.5:9, 16:9, atau 20:9 seperti Cover Screen Oppo Find N3.

Di ponsel lipat yang memiliki Cover Screen jangkung, seperti layar dengan rasio aspek 23.1:9, tampilan aplikasi, terutama game, biasanya akan bermasalah dan cenderung akan tidak nyaman untuk dimainkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com