Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dioprek, Game "Counter Strike 2" Tembus 1.000 FPS

Kompas.com - 05/12/2023, 14:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang overclocker (orang yang gemar mengotak-atik kecepatan clock di suatu prosesor/CPU komputer) berhasil membuat game Counter-Strike 2 (CS2) berjalan di frame rate 1.000 FPS (frame per second).

Frame rate adalah satuan yang biasa dipakai untuk menentukan seberapa banyak gambar yang ditampilkan oleh layar. Biasanya, frame rate dilihat dari berapa banyak gambar yang tampil di layar selama satu detik (FPS), sehingga semakin tinggi angka FPS maka semakin mulus animasi di dalam game.

Di beberapa game, termasuk CS2, pengguna sebenarnya bisa mendapatkan tingkat animasi mulus apabila komputer mereka bisa menjalankan CS2 di sekitar 60-90 FPS. Namun di skena kompetitif (e-sports), angka FPS akan terasa semakin penting.

Sebab, semakin tinggi angka FPS, maka akan semakin cepat pula respons game terhadap aksi pemain.

Baca juga: Review Game Counter-Strike 2 Setelah Main 50 Jam, Visual Ciamik dan Adiktif

Kembali ke CS2 yang berjalan dengan 1.000 FPS tadi, pencapaian ini diraih oleh seorang overclocker yang biasa dikenal dengan julukan "der8auer". Hasil CS2 yang berjalan di 1.000 FPS itu diperlihatkan dia dalam sebuah video di kanal YouTube-nya dengan nama "der8auer EN".

der8auer mendemonstrasikan CS2 berjalan di 1.000 FPS.Youtube/der8auer der8auer mendemonstrasikan CS2 berjalan di 1.000 FPS.

Di video tersebut, ia menjelaskan bahwa CPU yang digunakan untuk bisa mendapatkan 1.000 FPS di CS2 adalah Intel Core i9-14900K, sedangkan unit pengolah grafis (GPU) yang dipakai adalah Nvidia GeForce RTX 4090. Secara khusus, CPU ini sudah ditingkatkan kecepatannya (overclock) sedemikian rupa hingga 8,1 GHz.

Sebelum mencapai CPU dengan kecepatan tersebut, ia mengatakan bahwa CS2 sebenarnya berjalan di kisaran 900 FPS dengan kecepatan CPU 7,4 GHz. Namun, hal ini dirasa kurang dan ia kemudian meningkatkan kecepatan clock CPU ke angka 7,8 GHz, sehingga bisa berjalan di kisaran 1.000 FPS.

Peningkatan kecepatan CPU ini tentunya juga dibarengi dengan sistem pendingin ekstra berbasis cairan nitrogen. Cairan ini bisa dimasukkan ke dalam tabung nitrogen yang "ditempel" di motherboard untuk mendinginkan komponen komputer lainnya, seperti media penyimpanan (storage) SSD yang terhubung di papan tersebut. 

Ilustrasi der8auer yang menggunakan cairan nitrogen untuk mendinginkan kompunen CPU dan GPU.Youtube/der8auer Ilustrasi der8auer yang menggunakan cairan nitrogen untuk mendinginkan kompunen CPU dan GPU.

Cairan nitrogen ini sendiri diperlukan untuk membuat hardware komputer, seperti CPU dan GPU adem. Pasalnya, tingkat kestabilan angka FPS biasanya bergantung pada temperatur CPU atau GPU, semakin panas maka FPS yang didapat akan semakin rendah, begitu juga sebaliknya.

Artinya, apabila hardware adem, maka mereka akan menjalankan tugasnya dengan cukup lancar. Pendinginan CPU dan GPU ini menjadi relevan karena kegiatan overclock sejatinya akan turut meningkatkan suhu kedua komponen tersebut.

Terkait eksperimennya ini, der8auer mengatakan bahwa pengguna bisa saja mengikuti jejak dia untuk menjalankan CS2 di 1.000 FPS, tentunya dengan konfigurasi hardware dan kegiatan overclocking.

Namun, hal ini akan sulit dan tidak praktis, mengingat der8auer juga menggandeng beberapa rekannya dan mitra hardware seperti Asus hingga Safedisk supaya kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TomsHardware, Selasa (5/12/2023).

Terlepas dari itu, pengguna yang penasaran dengan video overclock hardware komputer dari der8auer yang berhasil menjalankan CS2 dengan frame rate 1.000 FPS bisa menyimaknya dalam jendela pemutar video berikut ini.

*****

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com